Shalahuddin Al-Ayyubi, Penakluk Yerusalem

1402
Perang Salib (Foto: Husnia Nurhafidzah)

Muslim Obsession – Shalahuddin kemudian menyeret mayat Raynald ke hadapan Guy Lusignan yang saat itu sudah gemetar ketakutan. Melihat keadaan Guy, Shalahuddin dengan tersenyum berkata bahwa “seorang raja tak akan membunuh raja yang lain. Ia (Raynald) dipenggal karena kejahatannya yang begitu besar.

Mungkin sebagian kita pernah menonton film “Kingdom of Heaven”, yang dibintangi oleh Orlando Bloom, dan disutradarai oleh Ridley Scott. Film yang rilis pada tahun 2005 ini menceritakan saat terakhir kota Yerusalem jatuh ke tangan pasukan Shalahuddin Al-Ayyubi.

Secara umum cerita film ini relatif objektif untuk masing-masing versi (Islam dan Kristen). Hanya saja yang tidak diceritakan, adalah penyebab terjadinya pengepungan kota Yerusalem itu sendiri, yang sebenarnya merupakan inti dari semua cerita dalam film ini.

Baca Juga: 

Perjalanan Shalahuddin Al-Ayyubi

Lahirnya Dinasti Ayyubiyah

Kisah dimulai ketika Shalahuddin Al-Ayyubi berhasil mendirikan dinasti Ayyubiyah di Mesir menggantikan Dinasti Fatimiyah. Kisah keberhasilannya menyebar kemana-mana. Satu persatu wilayah di sekitar Mesir jatuh, demikian juga dengan wilayah di sepanjang pesisir laut merah dan sebagian jazirah arab, bahkan hingga Damaskus di Syiria.

Penaklukan Syiria ini dilakukan setelah pada tahun 1174, Nuruddin atasan Shalahuddin sebelumnya di Damaskus, meninggal dunia. Ia mewariskan keturunan yang lemah untuk memimpin wilayah tersebut. Atas pertimbangan inilah, Shalahuddin kemudian mengambil alih kekuasaan di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here