Setop Tidur Tengkurap! Ini Dampak Buruknya bagi Kesehatan

318

Muslim Obsession – Apakah Anda salah satu orang yang memiliki hobi tidur dengan posisi tengkurap? Mulai sekarang, cobalah untuk mengubah posisi tidur yang benar demi kesehatan.

Karena, tidur dengan posisi tengkurap menekan perut dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sakit leher, punggung, pinggul dan bahu, bahkan sakit kepala.

Tidur tengkurap mengharuskan Anda memutar kepala ke satu arah agar bisa bernapas, membiarkan leher Anda berputar secara konstan sepanjang malam. Hal ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke kepala dan leher, yang dapat menyebabkan sakit kepala, pusing dan nyeri.

Masalah lain yang bisa terjadi saat tidur tengkurap adalah posisi yang mengharuskan Anda mengangkat kepala dan bahu agar cukup untuk bernafas, ini artinya punggung bawah Anda akan melengkung. Hal ini menyebabkan kompresi pada tulang belakang dan tidak memungkinkan penyelarasan ligamen, otot, tulang, dan sendi yang tepat.

Jika Anda terbangun dengan punggung kaku atau sakit tajam di punggung, atau mati rasa dan kesemutan di kaki, bisa jadi itu dampak dari tidur tengkurap.

Jadi bagaimana seharusnya Anda tidur?

Dilansir Daily Sabah, Jumat (6/3/2020) berbaring telentang adalah posisi terbaik untuk tidur, diikuti dengan berbaring miring. Tetapi bahkan jika Anda memilih di antara keduanya, ada hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mempertahankan postur yang tepat.

Ketika berbaring telentang, tempatkan dua atau tiga bantal di bawah kaki Anda untuk meletakkan punggung Anda pada posisi netral. Anda juga harus memastikan bahwa bantal Anda memungkinkan kepala Anda berbaring rata.

Saat berbaring miring, Anda perlu memastikan bantal yang sesuai ukuran bahu Anda untuk memastikan leher Anda dalam posisi netral. Diusahakan agar tidak menggunakan dua bantal, karena bantal itu dapat bergeser dan menyebabkan Anda mengangkat bahu agar tetap di tempat, sehingga menyebabkan sakit leher dan bahu.

Juga letakkan bantal di antara kedua lutut Anda untuk memastikan tulang punggung netral. Dan jika Anda memiliki nyeri bahu, atau pasca pulih dari operasi, tidur miring ke samping sambil memeluk bantal akan membantu peningkatan aliran darah ke bahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here