Sesumbar Trump: Tanpa Saya, Raja Salman Tumbang dalam Dua Minggu

602
Trump dan Salman
Trump dan Raja Salman saat mengikuti tarian pedang dalam rangka perayaan HUT Arab Saudi pada tahun lalu. (Foto: the Guardian)

Southaven, Muslim Obsession – Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengeluarkan pernyataan yang memanaskan telinga. Kali ini, Trump sesumbar bahwa tanpa dukungan militer AS, Raja Salman tidak akan bertahan selama dua pekan.

“Kami melindungi Arab Saudi. Apakah Anda akan katakan mereka kaya? Saya mencintai raja itu, Raja Salman. Tetapi saya katakan, ‘Raja, kami melindungi Anda. Anda mungkin tidak akan bisa bertahan di sana selama dua minggu tanpa kami. Anda harus bayar untuk militer Anda,” kata Trump di hadapan publik rapat umum di Southaven, Mississippi, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (3/10/2018).

Trump sendiri mengaku tak tahu persisnya kapan ia mengungkapkan pernyataan tersebut.

Selama ini AS memiliki hubungan baik dengan Arab Saudi. Trump memiliki kepentingan politik dengan Arab Saudi yang dijadikannya benteng untuk melawan ambisi Iran di wilayah Teluk.

Bahkan saat Trump terpilih menjadi presiden AS, ia menjadikan Arab Saudi sebagai negara pertama yang dikunjunginya.

Sabtu lalu (29/9), Trump menelepon Raja Salman guna membahas upaya mempertahankan pasokan untuk memastikan stabilitas pasar minyak dan pertumbuhan ekonomi global.

Arab Saudi adalah pengekspor minyak utama dunia dan pemimpin ‘de facto’ OPEC, yang telah dikritik oleh Trump karena harga minyak yang tinggi.

Arab Saudi juga menjadi obyek Trump terkait anggaran militer. Presiden Donald Trump juga mengeluh bahwa AS telah mensubsidi militer Arab Saudi, serta Jepang dan Korea Selatan. “Ketika Anda memiliki negara-negara kaya seperti Arab Saudi, seperti Jepang, seperti Korea Selatan, mengapa kita mensubsidi militer mereka?” keluh Trump.

Kendati demikian, Arab Saudi merupakan pembeli utama senjata buatan AS di Timur Tengah. AS juga memberikan dukungan kepada pasukan Koalisi Arab memerangi pengaruh Iran di Yaman. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here