Serukan Perdamaian, Kiai Ma’ruf Temui Pendeta dan Tokoh Papua

256
Kiai Ma'ruf usai berdialog dnegan sejumlah tokoh Papua.

Jakarta, Muslim Obsession – Sejumlah pendeta dan tokoh asal Papua mengunjungi Wakil Presiden RI terpilih KH Ma’ruf Amin di kediamannya, di Jalan Situbondo nomor 12, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).

Kedatangan mereka antara lain untuk membicarakan kondisi di Papua dan Papua Barat yang dalam beberapa hari terakhir dilanda kericuhan.

Kepada para tamunya, Kiai Ma’ruf menyerukan perdamaian dan mengajak seluruh tokoh dan pemuka agama ikut berpartisipasi aktif untuk menyelesaikan kasus tersebut. Menurutnya, Papua dan Papua Barat adalah bagian dari NKRI.

Demikian pula kepada seluruh rakyat Indonesia, Kiai Ma’ruf juga meminta agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa mulai dari Sabang hingga Merauke.

Kiai Ma’ruf menegaskan bahwa orang Papua, Jawa, Kalimantan dan lainnya adalah saudara sebangsa.

“Papua adalah kita. Seluruh rakyat Indonesia karena kita sebagai bangsa memang adalah merupakan satu kesatuan Indonesia,” tuturnya.

Kiai Ma’ruf juga mengatakan bahwa ke depannya permasalahan di Papua harus diselesaikan lewat cara kebudayaan sehingga bisa diterima oleh masyarakat di sana.

“Saya juga bisa berkunjung ke Papua. Kebetulan Papua ini kan mendukung Pak Jokowi dengan saya ini besar sekali, 91 persen. Ini luar biasa,” ujar Ma’ruf.

Menurutnya, upaya dialog yang telah dilakukan Gus Dur perlu dilanjutkan. Ia berjanji akan melakukan hal yang sama setelah dilantik sebagai wakil presiden.

“Tentu kami akan mengambil langkah-langkah melalui pendekatan budaya, pendekatan agama. Tokoh-tokoh agama ini sudah punya kesempatan untuk membangun keutuhan termasuk di Papua,” tegasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here