Sering Lupa? Yuk, Ikuti 10 Cara Tingkatkan Memori Otak Ini

431
  1. Biasakan belajar mengingat kata-kata baru setiap hari sehingga dalam setahun Anda bisa mengingat 350 kata dan 3.000 kata per dekade. Hal ini sangat baik untuk melatih daya ingat. Karena pada umumnya, kosakata fungsional orang dewasa rata-rata hanya sekitar 10.000 kata.
  2. Memanfaatkan video game untuk meningkatkan kepekaan indera juga bisa menjadi pilihan. Jika digunakan secara bijak, video game bisa membuat Anda lebih cepat tanggap, dan merespons lebih cepat.
  3. Musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan verbal, serta meningkatkan kekuatan otak. Begitu juga memainkan alat musik dapat meningkatkan kecekatan jari dan mampu meningkatkan umur panjang.
  4. Hindari berat badan yang berlebihan. Karena obesitas bisa menurunkan kemampuan fungsional seseorang, seperti kecerdasan, ketajaman mental, kognitif fleksibilitas dan konsentrasi.
  5. Biasakan berjalan satu mil setiap hari. Hal ini akan mengurangi risiko mengalami demensia sebesar 50 persen.
  6. Melakukan permainan asah otak juga bisa mengurangi beban berat otak Anda. Caranya cukup sederhana, yakni dengan mengisi teka-teki silang.
  7. Sering-sering menyantap penganan yang bermanfaat dan memberi nutrisi bagi otak Anda, seperti kenari, buah blueberry, buah bit, bawang merah, brokoli dan pisang. Kenari mengandung omega-3 asam lemak bersama dengan sejumlah bahan kimia lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk memblokir tindakan-tindakan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel otak.
  8. Cari topik yang menarik dan selalu belajar dengan tujuan meningkatkan pengetahuan. Ini akan meningkatkan memori jangka panjang dan meningkatkan penyimpanan cadangan kognitif. Cara ini bisa jadi investasi Anda agar memiliki ingatan kuat meski usia telah lanjut.
  9. Jika Anda sering bekerja hingga larut malam, coba hentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena tidur yang kurang juga menjadi penyebab lemahnya otak bekerja. Karena itu istirahatkan otak dengan tidur yang cukup untuk meregenerasi otak.
  10. Permainan menyusun balok tak hanya bisa meningkatkan keterampilan jari tangan, tapi juga terbukti dapat meningkatkan kelincahan baik mental dan fisik. (Sahrudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here