Sering Lupa Mau Ngapain atau Bilang Apa? Awas, Doorway Effect!

694
Ilustrasi Lupa

Muslim Obsession – Sudah di ambang pintu (dapur, kamar tidur, atau kamar mandi), mendadak lupa mau ngapain atau mau bilang apa. Bukan pikun, ternyata fenomena sering lupa semacam ini dikenal sebagai doorway effect. Apa itu?

Awamnya, doorway effect mengacu pada bagaimana Anda memilah-milah berbagai hal dalam otak. Kondisi ini sering terjadi saat seseorang masuk atau keluar (berpindah ruangan) melewati pintu.

Sebagai contoh, Anda lari-lari ke kamar atas untuk mengambil kunci, tetapi sesampainya di kamar malah lupa mau ngapain. Atau, Anda sedang menunggu waktu yang tepat untuk menginterupsi perkataan seseorang, tetapi ketika saatnya bicara, Anda malah blank. Pernah mengalamiya? Anda tak sendirian.

Berdasarkan temuan dari penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Notre Dame, Amerika Serikat, yang diterbitkan dalam jurnal “Quarterly Journal of Experimental Psychology” tahun 2011, pintu alias doorway itu sendiri digambarkan sebagai “batas acara” yang bisa memisahkan antara aktivitas sebelum dan sesudah.

Ketika melewati batas tersebut, memori akan dikotak-kotakkan. Sehingga, rencana C yang Anda buat di situasi dan lokasi A, seperti tertinggal di lokasi A. Ketika Anda sudah berada di lokasi serta situasi C (tujuan utama), Anda justru tak bisa mengingat apa-apa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here