Sering Gatal di Telapak Tangan, Waspadai Penyakit Serius Ini

216

Jakarta, Muslim Obsession – Pernah mengalami gatal pada bagian tangan? Gatal pada bagian tangan memang sangat mengganggu. Sering kali, semakin kita garuk, maka semakin menjadi rasa gatal itu datang kembali.

Keluhan menggaruk telapak tangan yang terkadang tidak terkendali ingin terus menggaruknya, dalam medis keluhan ini disebut pruritus. Gatal-gatal dapat dialami siapa saja dan menyerang telapak tangan dan juga bagian tubuh lainnya.

Dikutip dari Alodokter, rasa gatal yang muncul di tangan dapat disertai ruam atau kemerahan pada kulit, kulit kering atau bersisik, bentol atau bintik-bintik, dan lecet. Gatalnya pun bisa berlangsung lama dan sangat berat.

Seringkali, rasa gatal tersebut tidak mereda meski sudah digaruk dan justru terasa semakin gatal, sehingga menyebabkan kerusakan atau luka pada kulit.

Beberapa Kondisi yang Menyebabkan Telapak Tangan Gatal

Telapak tangan gatal bisa disebabkan oleh beberapa kondisi ringan, seperti kulit kering, iritasi kulit, infeksi jamur kulit, impetigo, atau reaksi alergi. Selain beberapa kondisi dan penyakit tersebut, telapak tangan gatal juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti:

  1. Eksim

Pernah mengalami eksim atau dermatitis? Biasanya ini dapat terjadi di seluruh bagian kulit tubuh. Eksim yang menyebabkan telapak tangan gatal serta gatal di kaki dikenal dengan istilah dermatitis dishidrotik.

Namun tidak hanya itu, telapak tangan terasa gatal juga bisa disebabkan oleh dermatitis kontak, misalnya karena kerusakan kulit akibat paparan deterjen, sabun, bahan kimia keras, hingga alergi.

Selain sensasi rasa gatal, gejala lain yang ditimbulkan penyakit ini adalah lecet, ruam merah, serta kulit pecah-pecah dan bersisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here