Sering Bukber Bisa Bikin Berat Badan Naik?

104
Bukber

Jakarta, Muslim Obsession – Sudah berapa banyak tawaran buka puasa bersama (bukber) dari teman-temanmu? Bukber, selain baik untuk menjalin silaturahmi, benarkah bisa menjadi pemicu berat badan naik?

Menurut dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, Anda tidak bisa langsung mengatakan “ya” dan “tidak” untuk pertanyaan semacam itu. Sebab, naiknya berat badan saat puasa sangat bergantung dari menu makan yang dikonsumsi saat berbuka.

“Hal yang jelas, ketika Anda berpuasa selama kurang lebih 13 jam, metabolisme tubuh akan cenderung melambat. Dan sayangnya, banyak orang yang tidak memahami hal ini,” katanya.

Bukber, lanjut dr. Dejandra, identik dengan memesan makanan yang banyak dan lezat. Beda halnya ketika Anda berbuka puasa di rumah. Biasanya, diawali dulu dengan air putih serta makanan kecil, diselingi dengan salat magrib, barulah mengonsumsi makanan pokok seperti nasi.

“Orang yang keseringan bukber biasanya langsung menyantap makanan besar dan minuman manis berlebihan. Padahal, kondisi metabolisme tubuh sedang melambat. Sebagai akibatnya, tubuh tidak bisa memproses dengan maksimal, sehingga cenderung menimbun segala yang masuk, khususnya lemak,” ungkap dr. Dejandra.

“Kalau sudah begitu, jangan heran bila setelahnya berat badan Anda akan berangsur naik,” tambahnya.

Karbohidrat memang penting dan wajib dikonsumsi saat Anda berbuka puasa. Namun, bila terlalu banyak, itu justru bikin gula darah dan berat badan melonjak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here