Sepasang Suami Istri Bisa Bertemu Lagi di Surga, Asalkan…

27169
Pasangan Suami Istri (Ilustrasi/Istimewa)

Muslim Obsession – Terbesit pertanyaan, apakah kelak di surga kita bisa bertemu atau berkumpul kembali bersama pasangan kita?

Terlebih jika di antara sepasang suami istri tersebut, salah satunya meninggal dunia terlebih dahulu. Apakah di akhirat nanti dapat bertemu kembali? Bagaimana kalau yang ditinggal (suami atau istri) menikah lagi?

Sedangkan, terdapat satu hadits Nabi yang menerangkan tentang doa Nabi kepada orang yang meninggal dunia. Agar di akhirat sana dia mendapatkan pengganti pasangan dan keluarga yang ditinggalkannya di dunia.

Artinya: “Diriwayatkan dari ‘Auf bin Malik, ia berkata: Rasulullah Saw. pernah menshalatkan jenazah dan aku menghafal di antara doa yang diucapkannya (artinya): Wahai Tuhan, ampunilah dia, beri rahmatlah dia, maafkanlah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah tempatnya, mandikanlah ia dengan air, dengan salju, dan dengan air yang dingin, bersihkanlah kesalahannya seperti dibersihkannya pakaian putih dari kotoran, dan gantilah tempat tinggalnya dengan yang lebih baik dari tempat tinggalnya di dunia, dan keluarga yang lebih baik dari keluarga yang ditinggalkannya di dunia, dan pasangan yang lebih baik dari pasangan yang ditinggalkannya di dunia, masukkanlah dia ke dalam surga, dan peliharalah dia dari fitnah kubur dan adzab neraka.” (HR. Muslim).

Pada ayat yang lain Allah Swt. berfirman:

Artinya: “Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. Ath-Thur [52]: 21).

Jadi, jika seorang mukmin yang shalih kemudian keimanan dan keshalihannya itu diikuti pula oleh anak cucu, maka Allah akan mengumpulkan mereka pada suatu tempat di surga dan Allah akan mencukupkan pahala dan kenikmatan pada anak cucu mereka.

Sebagaimana pahala dan kenikmatan yang diberikan kepada orangtua mereka, dan Allah tidak akan menguranginya sedikitpun. Ayat ini memberikan kemungkinan bahwa suatu keluarga yang terdiri dari suami, istri, anak-anak beserta cucu dan buyut dapat berkumpul hidup dalam surga nanti, asalkan… semuanya beriman dan beramal shalih.

Allah Swt. berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan pasangan-pasangan mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan.” (QS. Yasin [36]: 55-56).

Wallahu ‘Alam bish Shawab..

(Vina)

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here