Senangnya Ustadz Yusuf Mansur Ngaji Kitab Kuning Bareng Gus Baha

236

Jakarta, Muslim Obsession – Ustadz Yusuf Mansur membagikan moment bahagia bisa ngaji kitab kuning bareng ulama besar KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Moment bahagia itu ia bagikan di akun instagram miliknya.

Terlihat dari tayangan video itu Gus Baha memakai baju putih dan peci hitam, sedangkan Ustadz Yusuf Mansur menggunakan baju warna unggu muda. Kedua ulama ini terlihat duduk di atas tikar lantai dan Gus Baha menunjukan kitab kuning yang kerap dibaca kepada Yusuf Mansur.

Ustadz Yusuf turut mendengarkan dengan seksama penjelasan Gus Baha. Ia mengangguk sambil mengiyakan dan menimpali penjelasan Gus Baha.

Keduanya tampak asyik membahas mengenai pemabuk dan preman yang masih mendapatkan kasih sayang dari Tuhan. Gus Baha menunjukkan beberapa kalimat dalam kitab kuning tersebut, kemudian menambahkan dengan beberapa ayat dari Al-Qur’an.

Sementara, Yusuf Mansur sesekali juga menyebutkan kata dalam bahasa Arab. Selain itu, Yusuf Mansur juga menyoroti coretan di kitab kuning milik Gus Baha. Ada banyak catatan hingga selipan kertas di antara lembaran kitab.

“Ya memang harus dicatat,” ujar Gus Baha saat Yusuf Mansur mempertanyakan penuhnya catatan Gus Baha.

Keduanya tampak kembali asyik membuka bab lainnya dalam kitab kuning tersebut. Mereka terlihat berdiskusi mengenai salah satu ajaran dalam agama Islam. Yusuf Mansur sendiri juga terlihat mengantongi selembar catatan milik Gus Baha.

Meski Gus Baha sudah meletakkan kitab kuning ke atas kursi di belakangnya, tetapi kedua ulama ternama itu masih terus mendiskusikan bab yang mereka baca tadi. Di belakang Gus Baha, ada sebuah kursi kayu yang menyimpan beberapa buku dan kitab kuning.

Dalam video itu, Yusuf Mansur juga membagikan moment memberi makan kucing yang selalu ada di rumah Gus Baha. Juga melihat rumah keasilan milik orantua Gus Baha, dan melihat sebuah kamar yang dijadikan oleh Gus Baha dan orangtuany untuk bermunazat kepada Allah.

Postingan Yusuf Mansur tentang aktivitas ngaji bareng bersama Gus Baha mendapat banyak komentar dari netizen. Mereka mendoakan kedua ulama ini semoga selalu diberikan kesehatan, keselematan dan panjang umur. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here