Sempat Jadi Perdebatan, Akhirnya Lagos Bolehkan Siswi Berhijab dengan Syarat…

448
Lagos bolehkan penggunaan hijab bagi siswi setelah sempat diperdebatkan (Foto: About Islam)

Lagos, Muslim Obsession – Pemerintah di Lagos Nigeria akhirnya memperbolehkan para siswinya yang beragama Islam untuk mengenakan hijab di sekolah.

Masalah ini sempat menjadi perdebatan selama berbulan-bulan. Hingga akhirnya, pemerintah menetapkan keputusan tersebut dengan menyebarkan surat edar soal perizinan penggunaan hijab ke sekolah-sekolah.

Melansir About Islam, Kamis (15/11/2018) pihak pemerintah mengizinkan hijab pada siswi Muslimah dengan syarat hijab tersebut pendek atau tidak terlalu lebar, rapi dan warnanya seragam.

“Manajemen sekolah disarankan untuk tidak berkomentar atas keputusan ini. Karena masalah ini sudah final oleh Mahkamah Agung,” kata edaran tersebut.

“Tidak ada siswa yang harus didiskriminasi dalam bentuk apapun atas dasar agama,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Mahasiswa Muslim Nigeria (MSSN) Saheed Ashafa bersyukur atas perkembangan itu.

“Kami memuji sikap ini dan keteguhan pemerintah negara bagian dalam memastikan bahwa perselisihan dapat dihindari. Karena selalu ada jalan menuju suasana damai yang dinikmati di Lagos State,” katanya.

“Kami juga senang dengan perkembangan ini. Karena sangat memalukan ketika para siswi Muslimah harus menjadi korban, dilecehkan, dihukum dan ditolak masuk ke kelas, hanya karena mereka memakai hijab,” tandasnya.

Sebelumnya, pada tahun 2014 Pengadilan Tinggi Lagos menentang penggunaan hijab di sekolah-sekolah, sebuah keputusan yang dibatalkan pada tahun 2016 oleh Pengadilan Banding yang menilai bahwa larangan itu sangat diskriminatif terhadap siswi Muslim.

Pada Senin lalu, sebuah sekolah ditutup di Universitas Ibadan di negara barat daya setelah beberapa gadis Muslim mengenakan hijab di sekolah. Namun, tidak puas dengan putusan pengadilan banding, pemerintah negara bagian membawa kasus ini ke Mahkamah Agung. Hingga kemudian diberlakukanlah larangan hijab pada Agustus 2018 lalu. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here