Selamat Datang di Mongolia: Surga Para Turis

1873
Selamat Datang di Mongolia: Surga Para Turis

Muslim Obsession – Imperium Mongolia dalam sejarah Islam di Eropa dan Asia, diakui memiliki peran yang kuat dalam memperluas wilayah Islam dengan hasil yang sangat gemilang.

Mongolia sendiri adalah negara berpenduduk minim dan terkurung daratan dengan empat musim yang berbeda. Pegunungan Altai-Khanghai dengan puncak dan gletser yang tertutup salju meliputi dua per tiga tanahnya. Kira-kira sebanding dengan tiga kali luas Negara Prancis atau hampir sama dengan Alaska.

Di Mongolia terdapat daerah pegunungan, padang rumput basah maupun kering, juga padang rumput yang tampaknya tak berujung. Mongolia memiliki ribuan danau dan sungai dengan ketinggian sekitar 4.500 kaki di atas permukaan laut. Sehingga matahari bersinar terang sekitar 300 hari dalam setahun.

Curah hujan di bulan Juli dan Agustus di sana cukup tinggi. Musim dingin berlanjut dari bulan November sampai April dengan badai salju yang sering diikuti musim semi yang berangin, namun luar biasa menyegarkan. Keempat musim ini sangat ideal untuk wisata petualangan.

Hampir sepersepuluh dari Mongolia adalah hutan yang terletak terutama di wilayah utara. Banyak binatang buas dan terancam punah, hidup di sana seperti serigala, babi hutan, karibu (rusa kutub), antelop, dan beruang coklat.

Sedangkan di pegunungan terpencil, banyak terdapat kucing liar seperti lynx dan macan tutul salju. Sementara di daerah stepa, banyak terdapat marmot, muskrat (tikus kesturi), rubah, dan rusa betina.

Oleh karena itu, Mongolia adalah surga bagi pemburu, tentu harus dilengkapi perizinan. Mongolia adalah rumah bagi keledai liar, unta liar, dan domba liar. Tempat ini memang cocok dijadikan rencana perjalanan yang sempurna untuk ekowisata.

Gun-Galuut

Sementara danau, merupakan magnet bagi kehidupan burung, elang emas, burung hias berjanggut dan burung pemangsa lainnya. Tidak terkecuali burung air termasuk bangau. Sebanyak 2000 danau di Mongolia, melestarikan kehidupan 50 spesies ikan yang unik. Pemburu dan nelayan berbondong-bondong datang ke sana.

Selama berabad-abad orang Mongolia terjun dalam usaha peternakan, yang secara intrinsik terjalin dengan gaya hidup nomaden mereka. Bahkan saat ini hampir 40 persen penduduknya merawat hampir 60 juta ekor domba, kambing, kuda, unta dan sapi yang menjadi daya tarik tersendiri.

Mongolia juga memikat para pengunjung dengan pemandangan alamnya yang indah. Turis dapat menikmati wisata rekreasi seperti berkuda, mengamati burung, berburu, mendaki gunung dan memancing.

Dalam beberapa tahun terakhir, rally mobil yang melalui Mongolia juga telah menjadi mode di Eropa. Tidak hanya itu, ada juga balap kuda modern dan berkuda yang bisa menjadi daya tarik lain.

Ulaanbaatar

Mongolia memiliki perjalanan yang menakjubkan dengan suasana reruntuhan bersejarah. Seperti monumen batu, batu rusa, gambar batu dan makam yang terlupakan, selalu membangkitkan inspirasi wisatawan. Turis bisa mengunjungi lebih dari 12 museum yang terawat baik termasuk museum terbaru, yaitu museum dinosaurus.

Shamanisme (ajaran spiritual tertua) telah berhasil meninggalkan jejak pada budaya asli dan ritual tradisional di Mongolia. Kemudian secara bertahap mereka beralih ke Buddhisme.

Sementara orang-orang Kazakh yang tinggal di Mongolia barat, mereka memeluk Islam. Berbagai kepercayaan agama menambah nuansa masing-masing untuk menyajikan suasana spiritual hari ini di Mongolia.

Sekali menginjakkan kaki di Mongolia, kita dapat menikmati tempat bersejarah. Yakni, Ibukota Mongol kuno, kota dongeng Chinggis Khan yaitu Kharkhorim, yang didirikan pada tahun 1220 di lembah Orkhon, di persimpangan Jalan Sutra. Dari situlah kerajaan Mongol diperintah, sampai Khublai Khan memindahkannya ke Beijing.

Tempat indah lainnya adalah Khan Khentii yang ditutupi hutan dan pegunungan. Sebagai tempat kelahiran Chinggis Khan, Khan Khentii digambarkan dengan jelas dalam manuskrip abad ke 13 berjudul The Secret History of Mongol. Tanah suci di timur laut Ulaanbaatar ini telah menjadi rute yang sangat popular.

Gun-Galuut adalah kombinasi pegunungan, stepa, danau, sungai dan lahan basah yang spektakuler dengan spesies satwa langka. Sedangkan Terelj adalah lembah yang indah di dekat Ulaanbaatar.

Ulaanbaatar adalah salah satu pusat kota yang semarak, dikelilingi oleh pegunungan yang dipelihara sebagai tempat perlindungan selama berabad-abad. Seseorang menemukan monumen dan arsitektur dari masa Soviet serta gaya Oriental atau Barat.

Ada juga Khuvsgul, dikenal sebagai Dark Blue Pearl adalah danau terbesar dan terdalam di Mongolia di bagian utara negara itu yang dihiasi dengan tempat-tempat wisata mewah.

Mengunjungi Mongolia di musim panas, kita dapat menikmati berbagai acara penuh warna termasuk Hari Nasional Naadam yang dirayakan dengan cara tradisional pada tanggal 11 sampai 13 Juli. Gulat nasional Mongolia, balap kuda dan seni memanah merupakan komposisi utama festival tersebut.

Naadam dimulai dengan sebuah upacara pengantar yang diilustrasikan menampilkan para penari, atlet, pembalap kuda, musisi dan konser di gala udara terbuka malam hari di mana tidak ada penonton, karena semua orang adalah pemain. (Vina – Dikutip dari Himalayan Times)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here