Selamat Bekerja, Jenderal Sigit!

99
Komisi III DPR RI secara aklamasi menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri), Rabu (20/1/2021).

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum PP Parmusi (Persaudaraan Muslimin Indonesia) H. Usamah Hisyam mengucapkan selamat atas terpilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri usai disetujui Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

“Selamat bekerja saya ucapkan kepada Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Segenap kader dan jajaran pengurus Parmusi siap bekerja sama dalam menciptakan kamtibmas di seluruh pelosok desa di Tanah Air melalui Gerakan Dakwah Desa Madani,” ujar Usamah kepada Muslim Obsession, Rabu (20/1/2021) sore.

Usamah mengatakan, ia mengenal betul pribadi Sigit. “Dia seorang perwira tinggi Polri yang profesional, pembawaannya tenang, karakternya tegas. Semoga sebagai Kapolri baru beliau bisa menjadikan hukum sebagai panglima, bersikap adil dan tidak diskriminatif, serta tidak tajam ke bawah tapi tumpul ke atas,”ungkapnya.

Baca juga: Tok! Komisi III DPR RI Setuju Komjen Sigit Jadi Kapolri

Usamah berharap, seluruh Dai Parmusi terus bisa mengembangkan kerja sama dalam menciptakan kamtibmas bersama aparat kepolisian di daerahnya masing-masing, karena tahun 2023 akan diselenggarakan Jambore Nasional yang akan melibatkan 10.000 Dai Parmusi.

“Dan salah satu unsur penilaian Desa Madani yang berhasil adalah bagaimana para Dai Parmusi bisa menciptakan kamtibmas di desa-desa,” tandasnya.

Rangkaian fit and proper test dilalui Sigit selama hampir empat jam sebelum akhirnya Komisi III DPR RI menyetujuinya secara aklamasi sebagai Kapolri untuk menggantikan Jendral Pol. Idham Azis.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit: Tak Boleh Lagi Hukum Tajam ke Bawah Tumpul ke Atas

Keputusan akhir diambil Ketua Komisi III Herman Hery usai mendengar sikap akhir setiap fraksi. Dia meminta persetujuan agar Sigit ditetapkan sebagai Kapolri.

“Berdasarkan pertimbangan pandangan dan catatan-catatan yang disampaikan fraksi-fraksi akhirnya pimpinan anggota komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri,” kata Herman di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta.

Keputusan Komisi III ini akan dibawa ke Pimpinan DPR RI untuk dirapatkan dalam Badan Musyawarah (Bamus) dan kemudian disahkan dalam Rapat Paripurna. Setelah itu, Komjen Sigit akan dilantik Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Dekat dengan Ulama, Komjen Sigit Bisa Rawat Keberagaman

Di penghujung acara, Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS Muhammad Nasir Djamil membacakan doa berisi syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan harapan agar Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dapat bekerja dengan baik.

“..Yaa Allah, Tuhan Yang Maha Melindungi, berikanlah perlindungan bangsa Indonesia melalui penegakan hukum yang transparan dan akuntabel yang bersandar kepada kepercayaan, keterbukaan, dan memperhatikan keragaman dan perbedaan serta tidak diskriminatif.

Yaa Allah, Tuhan Yang Maha Menjaga, tolonglah jaga penegakan hukum di negeri ini agar senantiasa berbasis kepada kepentingan masyarakat bersandar kepada hukum dan peraturan perundang-undangan, bukan kepada kekuasaan dan memperhatikan supremasi hak asasi manusia…” ucap Nasir Djamil. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here