Selama Wabah Corona, BBC Kumandangkan Adzan dan Ayat Suci Al-Quran

259

Jakarta, Muslim Obsession – Kabar gembira datang untuk umat muslim di seluruh dunia jelang datangnya bulan suci Ramadhan. Dilansir PJMedia pada Jumat (17/04/2020) BBC untuk pertama kalinya menyiarkan adzan, ayat suci Al-Quran dan ceramah Islam.

Global Village Space melaporkan,”Untuk pertama kalinya, BBC memulai program siaran adzan dan ibadah umat islam di jaringannya, ketika masjid-masjid ditutup di seluruh Inggris, ini adalah bentuk aksi kami untuk melawan coronavirus.”

Begitu Covid-19 selesai di Inggris, sangat tidak mungkin BBC akan berhenti menyiarkan adzan (panggilan untuk sholat). Apalagi sebentar lagi ada bulan suci Ramadhan yang menyambut umat Islam.

Menurut Global Village Space, imam yang berbeda akan memimpin siaran pada hari Jumat dari 14 stasiun radio lokal BBC. Imam itu akan membacakan ayat-ayat Al-Quran dan Sholawat Nabi sebelum menyampaikan khotbah dan beribadah. Program ini berjudul, ‘Islamic Reflections’ yang dibuat BBC untuk memfasilitasi komunitas Muslim menjelang bulan suci Ramadhan hingga akhir April.

Menurut BBC, mereka senang dan tidak sabar dengan program ini. Hal ini menunjukkan betapa tidak inklusifnya mega-jaringan media dan bagaimana masyarakat Inggris menyambutnya.

“Radio lokal adalah tentang menghubungkan komunitas. Dan kami berharap refleksi ini akan membantu umat Muslim merasakan kebersamaan saat mereka melakukan isolasi,” ujar Kepala Radio Lokal BBC, Chris Burns.

“Ramadhan hanya beberapa minggu lagi dan saya menghargai bahwa bagi banyak orang itu adalah kekosongan besar untuk mengisi sebanyak satu setengah jam sehari, terutama di malam hari, di bulan Ramadhan, dihabiskan di masjid. Dengan banyak masjid ditutup karena wabah Covid-19, adanya kesedihan luar biasa dengan hilangnya koneksi spiritual yang dapat diperoleh dari doa-doa, jadi kami mencoba untuk mengisi kekosongan dalam beberapa cara kecil dengan refleksi Islam,” presenter BBC CWR Phil Upton menambahkan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here