Selama Pandemi, SBY Sudah Hasilkan 54 Karya Lukisan

53

Bogor, Muslim Obsession – Sisi lain dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ternyata dia punya keahlian dalam hal seni lukis. Selama pandemi, SBY mengisi kekosongan waktu dengan melukis dengan beranekaragam pesona alam.

Tak main-main, SBY mampu menghasilkan 54 lukisan, dan hampir semuanya tentang keindahan alam Indonesia.

“Gelar lukisan SBY di pendopo Cikeas. Dihadiri oleh keluarga dan sahabat. Ada 54 lukisan yang digelar. Sebagian besar adalah lukisan landscape tentang keindahan alam Nusantara yang berkesan bagi sang pelukis,” cuit mantan Menpora Andi Alfian Mallarangeng melalui akun twitter-nya, Rabu (13/10/2021).

“Padahal Pak SBY baru mulai melukis sejak 5 bulan lalu. Hobby yang pernah ditekuni pada waktu remaja terpendam selama lebih dari 50 tahun dan baru sekarang ini terluapkan secara produktif. Energi Pak SBY dalam melukis luar biasa, padahal beliau belajar secara otodidak melalui YouTube,” sambung Andi.

Dalam pandangan Andi, garis-garis lukisan SBY sangat kuat, dengan keberanian memadukan warna yang membuat kontras. Langit dan bumi diantarai awan, gunung, laut dan ombaknya menyatu dengan cantik di kanvas SBY.

Lukisan SBY merupakan paduan antara naturalisme, realisme, ekpresionisme, serta ada unsur abstraknya. Cat acrylic membuat paduan antara garis dan warna pemandangan menjadi sangat berkesan.

“Walau Pak SBY sendiri mengatakan beliau masih terus belajar melukis, bahkan masih mencoba berbagai teknik melukis, tapi karakter lukisannya sudah tampak jelas. Pak SBY memang unik, menjadi Presiden dulu, baru melukis, dan bukan sebaliknya,” celetuk Andi.

Hebatnya lagi, sebagian lukisan yang digelar sudah sold (terjual). Dibeli oleh para sahabat. “Mungkin besok pun sudah terjual semua. Hasilnya semuanya untuk pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY*Ani di Pacitan, Jawa Timur. Luar biasa Pak SBY,” kata Andi. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here