Selalu Tampil Enerjik, Ini Tips Jusuf Kalla untuk Hidup Sehat

215
Wapres RI, Jusuf Kalla.

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Presiden Jusuf Kalla dikenal sebagai pribadi yang serius memperhatikan kesehatannya. Tak heran jika pria asal Makassar tersebut selalu tampil enerjik dan prima dalam setiap aktivitasnya.

“Bicara soal kesehatan, banyak orang berpikir kesehatan itu rumah sakit. Rumah sakit itu tingkat terakhir. Upaya pertamanya harus bergerak,” kata Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), saat memberikan materi di Kuliah Kebangsaan di Yogyakarta, Kamis (10/10/2019).

Menurutnya, menjaga kesehatan itu sebenarnya mudah. Setidaknya ada tiga hal yang kerap ia lakukan untuk hidup sehat.

Pertama, melakukan aktivitas fisik. Menurutnya, aktivitas fisik tidak melulu soal olahraga saja. Tetapi menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Misalnya jika tersedia lift dan tangga, maka disarankan untuk menggunakan tangga. JK juga mengimbau para pekerja yang jarak antara rumah dan tempat kerjanya dekat, tidak perlu menggunakan mobil.

“Kalau pekerjaan rumah tangga, ngepel. Mengepel juga bergerak, sambil bersihkan rumah itu juga olahraga. Makin banyak gerak,” tuturnya.

Kedua, mengkonsumsi makanan sehat. Menurutnya, satu negara dengan negara yang lain memiliki kriteria makanan sehat yang berbeda-beda. JK pun menyebutkan beberapa makanan khas Indonesia yang menyehatkan, seperti tahu dan tempe.

Ketiga, istirahat yang cukup. Masih banyak orang menganggap sebelah mata soal istirahat yang cukup. Padahal istirahat yang cukup punya peranan yang penting untuk menjaga kesehatan seseorang.

“Baru habis itu pemeriksaan kesehatan, baru rumah sakit,” tuturnya.

JK mengatakan bahwa ketika di sebuah kota memiliki banyak rumah sakit, maka kota tersebut bisa dikatakan tidak sehat. Sehingga perlu didirikan banyak rumah sakit. JK pun mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat untuk mengurangi kemiskinan.

“Suatu gerakan untuk kurangi kemiskinan, bagaimana masyarakat itu hidup sehat,” kata JK. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here