Selagi Sepi Pengunjung, Gua Hira dan Gua Tsur Direnovasi

335
Gua Hira dan Gua Tsur direnovasi (Foto: Daily Sabah)

Makkah, Muslim Obsession – Gua Hira dan Gua Tsur siap untuk direnovasi. Gua yang terletak di dalam kota Makkah itu akan dibersihkan selama masa lockdown di saat sepi pengunjung.

Saudi Press Agency menyatakan bahwa Pangeran Khaled Al-Faisal, Emir dari provinsi Makkah, mengizinkan pengoperasian proyek ini. Wakil Emir provinsi Makkah, Pangeran Badr Bin Sultan, akan ditempatkan untuk memantau proyek-proyek tersebut.

Gua Hira terletak dua mil dari Masjidil Haram. Panjang gua kurang dari empat meter dan lebarnya lebih dari satu setengah meter. Di gua ini, wahyu pertama Al-Quran disampaikan kepada Baginda Nabi Muhammad di bulan suci Ramadhan, 619 M.

Sedangkan Gua Tsur adalah tempat di mana Nabi Muhammad dan Abu Bakar bersembunyi dari Suku Quraish.

Kedua proyek rekondisi dikelola oleh tim Komisi Kerajaan untuk Makkah, Imarah Provinsi Makkah dan tempat-tempat suci, Polisi Makkah, Walikota Makkah dan Otoritas Pengembangan provinsi Makkah.

Tujuan dari proyek-proyek ini adalah untuk membersihkan semua perubahan yang dilakukan pada dua area suci ini yang bentuknya mulai rusak sepanjang tahun-tahun sebelumnya.

Proyek-proyek pembangunan menjadi tugas yang mustahil untuk dilakukan di hari-hari normal karena kedua situs tersebut selalu penuh sesak oleh para peziarah yang datang dari seluruh dunia.

Tempat-tempat ini sekarang akan dikonversi kembali ke posisi semula yang melibatkan banyak tahap. Pada tahap awal 30 hari, batu-batu akan dicuci untuk membersihkan gambar dan prasasti.

Dan dua jalan yang menuju ke gua-gua ini juga akan dibersihkan dengan metode yang sama dengan menggunakan teknologi terbaru. Selanjutnya, kanopi seng, perkembangan kayu, dan struktur beton akan dihapus. Dan pada tahap lain, lingkungan gua-gua ini dan jalan pun akan dibangun kembali.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here