Sekitar 6,5 Juta Anak Belum Dapatkan Layanan PAUD

506
PAUD
Para pelajar PAUD dan TK se-Kecamatan Mempura melakukan pawai menyambut tahun baru islam. (riaubook.com/Agus)

Jakarta, MuslimObsession.com – Prosentase anak-anak usia 3-6 tahun yang mendapatkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia diperkirakan baru mencapai lebih dari 72,35 persen.

Artinya, masyarakat lokal di lebih dari 57.526 desa telah mendapatkan layanan PAUD.

Demikian dikemukakan Direktur Jenderal (Dirjen) PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ella Yulaelawati, dalam siaran pers Senin (20/11/2017).

“Sisanya, sekitar 34,84 persen atau 6,5 juta dari 23.737 desa memang masih belum mendapat layanan PAUD,” kata Ella.

Menurut Ella, peningkatkan kualitas dan perkembangan PAUD telah masuk dalam agenda Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDG).

Karena itu, dalam pelaksanaan pencapaian TPB tersebut, pemerintah memandang perlu adanya penyelerasan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJP-N) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM-N).

“Selain itu, untuk peningkatan kualitas, kami juga sering menggelar seminar atau lokakarya nasional. Seperti seminar yang digelar di Tangerang sejak Ahad (19/11), dan diikuti 400 guru PAUD terpilih se-Indonesia,” jelas dia.

Lokakarya tersebut, juga sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Anak Internasional 2017 yang diperingati setiap tanggal 20 November 2017 dan penghargaan Anugerah PAUD tingkat Nasional tahun 2017.

Pada tahun 2030 mendatang, imbuh Ella, dunia berkomitmen memastikan semua anak perempuan dan laki-laki memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan, dan PAUD bermutu atau disebut dengan PAUD Universal. Dengan begitu, anak-anak akan siap memasuki pendidikan dasar. (Fath)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here