Sejarah Singkat Hijab dalam Islam

17031
Ilustrasi Wanita Berhijab

Muslim Obsession – Sampai hari ini, penutup kepala memainkan peran penting dalam banyak agama, termasuk Yudaisme Ortodoks dan Katolik. Islam mulai menyebar di Madinah melalui Nabi Muhammad Saw. (sekitar 570-632 M). Dari sana menyebar melalui Timur Tengah ke Sahara Afrika. Lalu, ke Asia Tengah sampai masyarakat di sekitar Laut Arab.

Setelah awal mula Islam muncul di Timur Tengah dan Afrika Utara, kemudian Islam masuk ke Eropa. Selendang dan kerudung dengan warna dan bentuk yang berbeda menjadi kebiasaan dalam budaya yang tak terhitung jumlahnya, jauh sebelum Islam terbentuk pada abad ke-7 di Jazirah Arab (termasuk Arab Saudi sekarang).

Sejak abad ke-7, Islam telah berkembang menjadi salah satu agama terbesar di dunia. Tapi baru belakangan ini beberapa negara Islam, seperti Iran, mulai mewajibkan semua wanita mengenakan jilbab (di Iran disebut chador, yang menutupi seluruh tubuh).

Sejumlah kritik terhadap tradisi hijab Muslim pun tidak sedikit. Beberapa berpendapat bahwa wanita tidak memakai hijab adalah hak pribadi mereka. Sebaliknya, banyak anak perempuan imigran Muslim di Barat berargumen bahwa hijab melambangkan ketekunan dan keshalihan. Jilbab itu adalah pilihan mereka sendiri. Bagi mereka, jilbab merupakan identitas dan ekspresi diri.

Jenis-jenis Hijab

Hijab

Khimar adalah satu nama penutup kepala/kerudung. Khimar adalah kerudung paling populer yang dikenakan di Barat. Kerudung ini terdiri dari satu atau dua syal yang menutupi kepala dan leher. Di luar Barat, hijab tradisional ini dipakai oleh banyak wanita Muslim di dunia Arab dan sekitarnya.

Niqab

Niqab mencakup seluruh tubuh, kepala dan wajah, kecuali hanya terbuka sedikit untuk bagian mata. Dua jenis niqab adalah setengah niqab yang terdiri dari jilbab dan kerudung wajah yang membuat mata dan bagian dahi terlihat dan penuh, atau Teluk, niqab yang hanya menyisakan celah sempit untuk mata.

Meskipun kerudung ini populer di seluruh dunia Muslim, Niqab tidak sedikit menciptakan banyak perdebatan di Eropa. Beberapa politisi telah memperdebatkan larangan tersebut, sementara yang lain merasa bahwa hal itu mengganggu komunikasi atau menciptakan masalah keamanan.

Chador

Jilbab adalah pakaian longgar, tidak menerawang dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Dengan sehelai kerudung yang menutupi leher dengan pakaian lengan panjang. Jilbab ini menutupi kepala dan tubuh tapi wajah masih terlihat. Jilbab umumnya berwarna hitam dan paling umum di Timur Tengah, khususnya di Iran.

Burqa

Burqa adalah jilbab penuh. Seluruh wajah dan tubuh pemakainya tertutup, dan seseorang hanya dapat melihat melalui celah tipis di bagian mata. Hal ini paling sering dipakai di Afghanistan dan Pakistan. Di bawah rezim Taliban di Afghanistan (1996-2001), penggunaannya dimandatkan oleh undang-undang.

 

Perintah Berhijab dalam Al-Quran

Berhijab (menutup aurat) diperintahkan Allah Swt. Beberapa ayat Al-Quran tentang perintah berhijab antara lain:

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat,” (QS. Al-A’raf [7]: 26).

“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Ahzab [33]: 59).

“Dan hendaklah engkau tetap di rumahmu dan janganlah berhias serta bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah dulu,” (QS. Al-Ahzab [33]: 33).

“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung,” (QS. An-Nuur [24]: 31).

(Vina – Sumber Facing History)

 

BAGIKAN

4 KOMENTAR

  1. Apakah rekabentuk sebernya pakaian yang diturunkan seperti mana disebut “Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu”? Setahu saya, Koran tidak mengandungi blueprint untuk pakaian tersebut. Pakaian yang dipakai sekarang merupakan ciptaan manusia. Tambah lagi, wanita zaman awal abad ke 20 tidak menutup aurat, walaupun tinggal di negara2 Timur Tengah. Yang memakai niqab itu biasanya orang yang tinggal di padang pasir dan pakaian tersebut melindung pemakainya dari serangan ribut pasir. Pemakaian menutup aurat hanya merebak akibat arus2 politik seperti wahabi, salafi, Taliban dan revolusi Iran dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here