Sejarah Masjid Sulejmanija yang Selamat dari Pemusnahan Massal Bosnia

154
Masjid Travnik (Foto: About Islam)

Muslim Obsession – Dalam perayaan nasional pada 13 April 2019 lalu, Bosnia telah membuka Masjid Sulejmanija yang bersejarah, alias ‘Masjid Hias’, di kota Travnik, di jantung negara Muslim Eropa tenggara.

“Di hadapan sejumlah besar umat Islam dan perwakilan kehidupan keagamaan dan politik di Bosnia, Masjid Sulejmanija yang dipugar kembali dibuka,” kata koresponden Anadolu Agency (AA).

Rumah ibadah bersejarah itu dianggap sebagai salah satu landmark paling penting di ‘Kota Veziers’ karena julukannya. Masjid cantik itu ditandai dengan dekorasi penuh warna, fasad fresco dan ornamen Islam gaya arsitektur Ottoman.

Hebatnya, masjid Sulejmanija Travnik adalah satu-satunya masjid di Bosnia dengan menara yang menjulang dari sisi kiri bangunan. Struktur saat ini tanggal kembali ke 1757, meskipun sebagian besar dibangun kembali setelah kebakaran besar pada tahun 1815.

Warna-warna masjid telah memudar tetapi bangunannya tetap terkenal karena bazaar mini bezistan yang dibangun ke dalam arcade batu yang melengkung. Faktanya, ada masjid di titik pusat Travnik sejak abad ke-16, jauh lebih awal sebelum struktur yang diperbarui saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here