Sejak Kapan Ada Puasa Ramadhan?

178

Jakarta, Muslim Obsession – Awal Ramadhan jatuh pada 13 April 2921. Pada bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa penuh selama satu bulan. Puasa Ramadhan sudah dilakukan sejak massa Rasulullah. Namun kapan persisnya ada puasa Ramadhan?

Ketua Rabithah al-Ma’ahid al-Islamiyyah (RMI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen, Jawa Tengah, Gus Fachrudin Achmad Nawawi menjelaskan bahwa dalam kitab Fathul Mu’in disebut ibadah puasa Ramadhan pertama kali diwajibkan pada bulan sya’ban di tahun kedua setelah Hijrah.

Ia mengatakan, jika mengkaji dari aspek hirtoris sejarahnya, ibadah puasa sebenarnya merupakan syariat umat-umat terdahulu. Kemudian ibadah puasa juga menjadi bagian dari syariat umat Rasulullah SAW akan tetapi dengan format aplikatif yang berbeda.

“Syekh Hasan Bashri berkata, “Zaman dulu orang-orang Yahudi diwajibkan berpuasa ramadhan. Namun mereka meninggalkannya. Dan justru mereka menggantinya dengan puasa satu hari dalam setahun, yakni puasa Asyuro,” ujar Gus Fachrudin, Kamis (15/4).

Orang Yahudi mengganti puasa Ramadhan dengan puasa Asyuro karena mereka memiliki keyakinan pada hari itulah Allah menenggelamkan Fir’aun. Begitu juga kaum Nasrani, dulu mereka memiliki kewajiban berpuasa ramadhan.

Namun mereka melakukannya secara terus menerus sampai melebihi tiga puluh hari yang berakibat mereka mengalami kelelahan yang luar biasa. Akhirnya para pemimpin dan pemuka agama “Nasrani mengambil keputusan bahwa puasa ramadhan hanya dilakukan ketika musim semi.”

Dari cerita tersebut nampak memberi dukungan pada pendapat kedua yang mengatakan bahwa puasa Ramadhan merupakan ciri khas syariat umat Nabi Muhammad SAW yang tidak ditemukan sebelumnya.

“Berpijak pada pendapat yang diklaim sebagai pendapat Mu’tamad (pendapat yang dijadikan pegangan) ini, puasa yang dilakukan umat-umat terdahulu bukanlah puasa ramadhan seperti sekarang ini,” ujar Pengasuh Ponpes Al-Hasani Kebumen ini. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here