Sejak Januari 2021, 228 TKA Masuk Indonesia Mayoritas dari China

66

Jakarta, Muslim Obsession – Disaat pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Darurat, publik kembali diramaikan dengan pemberitaan sejumlah tenaga kerja asing atau TKA China kembali masuk ke Indonesia tanpa kontrol, dan pengetatan.

Datangnya TKA China menuai pro kontra, banyak yang menyayangkan mengapa pemerintah masih membolehkan tenaga asing masuk ke Indonesia, padahal Indonesia saat ini dalam keadaan darurat corona.

Dari informasi yang dihimpun, sejak Januari 2021, sebanyak 228 orang TKA tercatat masuk ke Sulawesi Selatan untuk bekerja di sejumlah proyek strategis milik negara.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan, ratusan TKA ini masuk Sulsel melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulsel.

“Total TKA penempatan khusus di Sulsel, mulai 1 Januari 2021 sampai dengan 24 Juni berjumlah 228 orang,” ungkap Andi Senin, (5/7).

Sementara untuk TKA asal China yang telah mulai bekerja di Sulsel, kata Andi, masih mendominasi ketimbang TKA lainnya. “Khusus untuk TKA dari China berjumlah 146 orang,” katanya.

Terkait kedatangan 20 TKA asal China pada 3 Juli kemarin, Andi menyatakan akan mengecek langsung pihak Kabupaten Bantaeng.

“Ini yang mau diklarifikasi apakah mereka termasuk pekerja yang sudah bekerja dengan visa multiple entry atau baru masuk bekerja. Staf saya besok pagi (hari ini) akan ke Bantaeng mengecek hal ini,” jelasnya.

Sebanyak 20 TKA asal China diketahui masuk melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Sabtu malam.

Puluhan TKA China itu masuk ke Indonesia di tengah penerapan PPKM darurat Jawa Bali yang dimulai 3-20 Juli mendatang.

Para TKA China itu disebut bekerja kontrak dengan PT Smelter. Berdasarkan data yang dihimpun, puluhan orang TKA ini selanjutnya akan melakukan perjalanan ke Kabupaten Bantaeng dengan mengendarai bus yang telah disediakan oleh perusahaan smelter. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here