Sederhana, Ini Tiga Amalan Wasiat Nabi

83
Bunga Dandelion (Ilustrasi)

Muslim Obsession – Nabi Muhammad Saw. adalah manusia mulia. Beliau adalah hamba Allah yang sangat taat. Tidak hanya tekun dalam ibadah wajib, Nabi juga banyak mengajarkan ibadah sunnah.

Di antaranya, ada tiga amalan sunah yang diwasiatkan Nabi Saw. yakni, shalat witir sebelum tidur, puasa tiga hari di setiap bulan atau puasa ayyamul bidh (dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulan hijriyah), dan shalat dhuha.

Keterangan ini diambil dari hadis riwayat Abu Hurairah yang juga dikutip oleh Imam al-Baihaqi dalam kitabnya Fadhail Awqat:

“Abu Hurairah berkata, ‘Kekasihku Nabi Muhammad Saw. mewasiatkan tiga hal: witir sebelum tidur, puasa tiga hari di setiap bulan, dan shalat dhuha.’”

Ketiga ibadah ini merupakan wasiat langsung dari Nabi Saw. kepada Abu Hurairah. Tentunya ibadah ini tidak dikhususkan untuk Abu Hurairah, tetapi siapa pun bisa mengerjakannya.

Sobat Muslim, sesungguhnya tiga amalan yang diwasiatkan Nabi Saw. ini terbilang ringan dan mudah dikerjakan. Dengan niat kuat dan usaha yang pantang menyerah, Insya Allah ketiga amalan ini bisa menjadi ibadah rutinitas kita.

Bukankah banyak yang mengatakan bahwa sesuatu kadang harus dipaksakan, lalu menjadi terbiasa, barulah hasilnya akan terasa.

Wallahu ‘Alam bish Shawab..

Semangat mencoba!

(Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here