Sederet Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

64

Jakarta, Muslim Obsession – Umumnya masyarakat tahu lidah buaya hanya digunakan untuk perawatan rambut hingga wajah. Padahal bukan hanya itu saja, lidah buaya juga mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Webmd, Rabu (7/4/2021), lidah buaya ternyata kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Misalnya, beta-karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, termasuk fungsi retinal dan kornea.

Selain itu, berikut sejumlah manfaat dari mengonsumsi jus lidah buaya dan cara membuatnya.

1. Meredakan heartburn

Dikenal sebagai refluks asam, heartburn adalah kondisi yang melibatkan asam yang keluar dari perut dan naik ke kerongkongan.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat mengurangi gejala heartburn tanpa efek samping yang tidak nyaman.

2. Mengobati Sembelit

Jus lidah buaya mengandung beberapa senyawa yang dikenal sebagai obat pencahar. Meskipun meminum jus lidah buaya tidak mungkin menyebabkan masalah pencernaan pada orang dengan buang air besar (BAB) yang normal, jus lidah buaya terbukti menjanjikan sebagai cara untuk meredakan sembelit.

3. Memperbaiki gejala IBS

Jus lidah buaya mungkin merupakan pengobatan potensial untuk sindrom iritasi usus besar (IBS). Kondisi ini melibatkan radang usus, yang menyebabkan rasa sakit dan masalah lainnya.

Lidah buaya telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi. Dalam satu percobaan, orang dengan IBS yang minum jus lidah buaya mengatakan beberapa gejala mereka membaik. Namun, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian

4. Mengurangi kondisi kronis

Jus lidah buaya adalah sumber antioksidan yang kaya, yang membantu melawan radikal bebas. Jus ini dapat menurunkan stres oksidatif pada tubuh dan mengurangi risiko kondisi kronis seperti diabetes, penyakit jantung, atau bahkan kanker.

Jus lidah buaya juga merupakan sumber yang sangat baik karena mengandung vitamin A, C, E, beta karoten, asam folat, kalsium, magnesium.

5. Mengandung magnesium

Jus lidah buaya mengandung magnesium tingkat tinggi, yang merupakan nutrisi penting untuk penggunaan saraf dan otot.

Magnesium membantu tubuh Anda dengan lebih dari 300 reaksi enzim yang berbeda, termasuk yang mengatur tekanan darah Anda, kandungan magnesium pada jus lidah buaya juga membantu mengatur ritme jantung.

Cara membuat jus lidah buaya
Ambil lidah buaya dari tanaman dan potong ujung runcing dari sisinya.

Kemudian, iris dengan hati-hati kulit di sisi daun yang rata dan keluarkan daging lidah buaya. Daging ini adalah bagian tanaman yang bisa dimakan.

Pastikan Anda menghilangkan semua bekas kulit dari tanaman. Anda dapat membilas daging lidah buaya dengan air mengalir untuk membantu menghilangkan semua sisa gel.

Setelahnya, Anda bisa memasukkannya ke dalam blender. Blender hingga halus, lalu tambahkan air sesuai keinginan Anda.

Selain itu, ada beberapa cara untuk menambahkan jus lidah buaya ke dalam makanan Anda:

-Meminum langsung.
-Tambahkan jus lidah buaya ke smoothie.
-Gunakan jus lidah buaya dalam koktail.
-Campur jus lidah buaya ke dalam limun.
-Gunakan jus lidah buaya dalam gelatin.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here