Saudi Temukan Prasasti Bertanda Tangan Raja Firaun

47
Prasasti dengan tanda tangan King Ramses III (Foto: Egypt Today)

Kairo, Muslim Obsession – Para arkeolog Arab Saudi menemukan sebuah tulisan hieroglif yang menggambarkan tanda tangan Raja Ramses III, salah satu raja Mesir Firaun.

Al-Arabiya menyiarkan penemuan prasasti di Tayma Arab Saudi Utara itu sebagai salah satu situs arkeologi terbesar di kerajaan dan Semenanjung Arab.

Prasasti Hieroglyphic ditemukan pada batu tetap, dekat oasis Tayma. Prasasti tersebut bertuliskan tanda tangan kerajaan (sebuah cartouche ganda) dari Raja Ramses III.

Dilansir Egypt Today, Senin (14/1/2019) terdapat juga beberapa tambahan tulisan Aram, Thamudic dan Nabataea, serta ilustrasi kuno tentang sapi, burung unta dan ular.

Raja Ramses III adalah penguasa paling terkenal dari Dinasti ke-20 yang dikenal oleh orang Yunani sebagai Rampsinitus. Dia mengikuti pemerintahan ayahnya Ramses II untuk memulai proyek konstruksi besar-besaran.

Menurut sejarawan, sudah lazim bahwa prasasti semacam itu hanya diukir di hadapan Firaun sendiri, dan ini merupakan indikasi bahwa Ramses III pernah datang ke wilayah tersebut.

Awalnya, para arkeolog Saudi sedang melakukan penelitian lapangan. Dalam perjalanan, mereka menemukan rute komersial langsung yang menghubungkan Lembah Nil dengan Tayma.

Rute ini dulunya digunakan pada masa pemerintahan Ramses III, abad ke-12 SM, untuk melakukan perjalanan membeli barang-barang berharga seperti tembaga, emas dan perak.

Rute itu melewati Lembah Nil hingga ke pelabuhan Alqulzm, Suez, tempat di mana sebuah kuil Raja Ramses III itu berada.

Rute ini kemudian berlanjut ke dekat pelabuhan Abu Zenaim di Teluk Suez, di mana prasasti Raja Ramses III tersebut ditemukan.

Perlu dicatat bahwa sejumlah penemuan arkeologis yang dibuat di Mesir sebelumnya juga ditemukan di sejumlah situs arkeologi di Kerajaan Arab Saudi. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here