Satu-satunya Nama Bulan yang Disebutkan dalam Al-Quran, Apa Itu?

181
Kalender (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Dalam sistem kalender qomariah (lunar), bulan Ramadhan adalah satu-satunya nama yang disebutkan Allah dan didefinisikan secara jelas di dalam kitab suci Al-Quran.

Melalui Surat Al-Baqarah ayat 185, bulan Ramadhan dijelaskan sebagai bulan turunnya Al-Quran, yaitu kitab suci yang berfungsi sebagai kitab petunjuk, penjelasan, dan pembeda antara yang haq dan yang batil.

“Allah tidak menyebut bulan Muharram, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Rabi’ul Awwal. Bulan Syawal Dzulqa’dah dan Dzulhijjah itu hanya disebut dengan istilah asyhurun ma’lumat, bulan-bulan pelaksanaan ibadah haji,” jelas Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Fahmi Salim, dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Sabtu (24/4/2021).

Karena keistimewaannya itu, Fahmi berpendapat bulan Ramadhan memiliki makna lain. Yakni sebagai momentum perubahan untuk menjadikan kehidupan manusia yang lebih beradab, sesuai dengan semangat dan tujuan diturunkannya Al-Quran.

“Karena itu bulan Ramadhan ini harus menghasilkan perubahan yang signifikan. Sebagaimana Al-Quran diturunkan litukhrijannnas minas dzulumati ilan nur, untuk mengeluarkan orang dari kegelapan menuju kepada cahaya,” imbuhnya.

Atas pemaknaan itu, Fahmi berpesan secara umum agar umat muslim mempergunakan bulan suci Ramadhan sebagai momentum muhasabah diri untuk memperbaiki akidah, ibadah, dan akhlak kepada sesama manusia.

“Maka manusia, hamba Allah yang berpuasa di bulan Ramadhan ini harus menjadi agen perubahan, harus menjadi cahaya di tengah umat manusia,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here