Satgas: Tiga Minggu Terakhir Kasus Corona di Indonesia Naik Tajam

56

Jakarta, Muslim Obsession – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, dari hasil pemeriksaan PCR Swab, dalam tiga minggu terakhir ini, kasus corona di Indonesia cenderung meningkat tajam.

Dengan begitu, ia mengatakan kondisi Indonesia masih darurat kesehatan atau kurang baik. Ia minta ini menjadi perhatian bersama masyarakat.

“Selama 3 minggu terakhir, jumlah orang yang diperiksa dan jumlah kasus positif (Covid-19) cenderung meningkat. Ini kabar kurang baik dan perlu jadi perhatian seluruh pihak yang ada di Indonesia,” kata Wiku dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (30/7/2020).

Ia mengatakan, apabila dibandingkan antara jumlah kasus positif dan jumlah orang yang diperiksa per hari, didapatkan positivity rate/tingkat positif sebanyak 13,3 persen per 29 Juli 2020. Jumlah 13,3 persen tersebut lebih tinggi dari standar WHO yaitu 5 persen.

Dengan demikian, hal tersebut juga menjadi peringatan perlunya kewaspadaan semua pihak untuk bersama-sama menurunkan tingkat penularan di masyarakat.

“Kalau tingkat penularan menurun, maka positivity rate/jumlah yang dites dan positif akan menurun. Mohon jadi perhatian semua pihak, bukan hanya pemerintah tapi masyarakat, karena keberhasilan kita disumbang oleh kita juga,” kata dia.

Selain itu, kata dia, kasus positif Covid-19 di Tanah Air dikontribusi oleh masyarakat berusia 31-45 tahun atau 31,3 persen.

Sementara kasus yang meninggal dunia dikontribusi oleh pasien berusia lebih dari 45 tahun dengan tingkat kematian 78 persen.

“Hal ini menunjukkan, kita harus berhati-hati khususnya masyarakat berusia muda yang potensi tingkat positifnya tinggi, sedangkan yang meninggal dunia usia di atas 45 tahun, jumlahnya sangat tinggi,” tutur

Apalagi saat ini memasuki momen Idul Adha yang dipastikan banyak masyarakat yang memilih pulang ke kampung halaman walau masih pandemi.

“Ini imbauan agar kita melindungi keluarga terutama usia rentan dari ancaman Covid-19 dalam momen Idul Adha,” kata dia.

Adapun pada Rabu (29/7/2020), kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 104.432. Dari jumlah tersebut ada sebanyak 62.138 pasien sembuh dan 4.975 orang pasien meninggal. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here