Santri ‘Gus Iwan’ Program Pemberdayaan Bagi Santri

355
KH Ma’ruf Amin.
KH Ma’ruf Amin

Jakarta, Muslim Obsession – Santri ‘Gus Iwan’ merupakan salah satu program yang dirancang KH Ma’ruf Amin, sebagai jawaban untuk meningkatkan pemberdayaan yang meliputi aspek agama, kemanusiaan, dan ekonomi bagi umat.

Calon Wakil Presiden Republik Indonesia itu mengungkapkan, Santri ‘Gus Iwan’ kepanjangan dari Santri Bagus, Pintar Ngaji, dan Usahawan.

“Karakter komplit pada diri santri harus dibentuk, termasuk membangun bisnis dengan menjadi usahawan. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam membangun pemberdayaan ekonomi umat yang saat ini juga sudah berjalan,” kata KH Ma’ruf Amin, belum lama ini.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu juga menengaskan, maka dari itu ia ingin membangun yang namanya ‘Gus Iwan’ untuk pemberdayaan dan kemaslahatan bersama.

“Gus Iwan itu pasti NU. Santrinya, santri milenial. Dia santri, pinter ngaji tetapi juga usahawan. Ia mendorong Nahdliyin untuk kembali pada prinsip ke-NU-an. Tentu semangatnya ialah bagaimana membangun sumberdaya manusia NU yang handal agar bisa memberikan kontribusi besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Menurut data, di seluruh Indonesia tidak kurang dari 33.000 pesantren NU yang tersebar  dan mengelola sejumlah satuan pendidikan serta pemberdayaan ekonomi.

Potensi pemberdayaan ekonomi umat melalui pesantren merupakan upaya strategis karena pesantren mempunyai hubungan erat dengan kehidupan masyarakat sekitar.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menegaskan warga NU tidak boleh putus asa dari keinginan mencapai cita-cita yang baik. Pasalnya, cita-cita yang baik (himmah) tidak berdasarkan nafsu.

“Cita-cita yang besar untuk kepentingan agama sangat dianjurkan. Berbeda dengan keinginan duniawi yang hanya berlandaskan nafsu, lanjutnya. Namun demikian, jika sukses dunia atau ekonomi dengan tetap niat yang baik, hal itu sesuai anjuran agama,” kata Kiai Said.

Ia juga mendorong agar warga NU maju secara ekonomi. Dalam bidang kepemimpinan atau organisasi. Kiai Said bahkan mendorong agar pengurus NU di masa depan lebih baik daripada saat ini. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here