Sambut Ramadhan, Parmusi Kembali Gelar Dzikir dan Doa Bersama Daring

290
Para ulama dan Dai Parmusi saat menggelar Dzikir dan Doa Bersama, Sabtu (18/4) malam.

Jakarta, Muslim Obsession – Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) kembali menggelar Dzikir dan Doa Bersama melalui video conference, Sabtu (18/4/2020) malam. Kegiatan yang dipandu Sekjen Parmusi Abdurrahman Syagaff ini diikuti para ulama dan Dai Parmusi se-Indonesia.

Ketua Umum Parmusi H. Usamah Hisyam mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengharapkan keridhaan Allah subhanahu wa ta’ala agar mengangkat wabah virus Corona (Covid-19).

“Beberapa saat lagi kita semua akan memasuki Ramadhan. Dzikir dan Doa Bersama seperti ini harus sering kita laksanakan agar Allah subhanahu wa ta’ala segera menghilangkan Covid-19 ini. Dengan demikian ibadah di bulan suci nanti akan kita laksanakan dengan tenang dan khusyuk,” ujar Usamah dalam sambutannya.

Usamah menambahkan, Parmusi menginisiasi dzikir dan doa bersama sejak beberapa minggu lalu. Bahkan dalam sejumlah pemberitaan ia juga turut mengingatkan pemangku kebijakan dan ormas-ormas Islam untuk melakukan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah direspon baik. Imbauan kepada Presiden Joko Widodo melalui surat yang saya sampaikan beberapa waktu lalu juga direspon baik, dimana kegiatan dzikir dan doa bersama juga dilakukan MUI, Kementerian Agama, dan unsur pemerintahan lainnya,” kata Usamah.

Usamah kembali menegaskan bahwa dzikir dan doa ini untuk membantu pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19. Menurutnya, protokol kesehatan dan upaya medis lain yang dilakukan pemerintah sudah berjalan baik, namun harus ada ikhtiar berdimensi ilahiyah.

“Tokoh-tokoh umat beragama dan seluruh anggota masyarakat pada saat yang bersamaan harus melaksanakan taubat dan memohon pertolongan kepada Allah agar penyebaran virus Corona dihentikan. Karena apapun musibah di dunia ini, datangnya dari Allah dan hanya Allah yang dapat menghentikanya,” tegasnya.

Sebelumnya, kegiatan Dzikir dan Doa Bersama melalui video conference kali pertama dilakukan Parmusi pada Rabu (8/4). Melibatkan para ulama dan Dai Parmusi se-Tanah Air, kegiatan tersebut juga diikuti jamaah warga masyarakat yang dipimpin para Dai Parmusi.

Seperti pelaksanaan Dzikir dan Doa Bersama sebelumnya, kali ini sejumlah ulama di beberapa provinsi memimpin pembacaan dzikir dan doa secara bergantian.

Diawali ulama dari Maluku Utara KH. Ridwan M Ilyas, pembacaan dzikir dan doa dilanjutkan KH. Emrizal Pakis dari Riau, Ustadz Muyassir Arif dari Sulawesi Utara, Ustadz Suryadi H Rachman dari Jakarta, Ustadz Irwan Taqwa, Ustadz Muhammad dari Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Ustadz Ali Mustofa dari Papua Barat.

Sebelumnya, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Parmusi (LDP) KH. Bukhori Abdus Shamad menyampaikan taushiyah seputar Ramadhan. Dan sebagai penutup, Ketua LDP Riau Ustadz Nazari dari Riau memimpin doa.

Rencananya, kegiatan Dzikir dan Doa Bersama Nasional melalui video conference ini masih akan terus dilaksanakan. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here