Sambut Kepulangan Jamaah Haji Palestina, Mesir Buka Perbatasan Rafah

493
Tentara Mesir mengawasi perbatasan Rafah, di antara Jalur Gaza selatan dan Mesir pada 6 November 2014 (Foto: Reuters/ Ibraheem Abu Mustafa)

Kairo, Muslim Obsession Ketika musim Haji berakhir, pihak berwenang Mesir memutuskan pada Ahad (26/8/2018) untuk membuka kembali perbatasan Rafah guna memfasilitasi penyeberangan jamaah Palestina yang kembali dari Arab Saudi ke Jalur Gaza.

Dilansir Egypt Today, Senin (27/8/2018) perbatasan akan dibuka selama lima hari pada 27 Agustus 29, dan 1,2,3 September. Kemudian akan terbuka biasanya mulai dari 4 September.

Presiden Abdel Fatah al-Sisi memerintahkan pembukaan perbatasan Rafah untuk mempermudah prosedur perjalanan bagi warga Palestina di Jalur Gaza yang menunaikan ibadah Haji ke Makkah.

Dengan demikian, tiga ribu orang Palestina dapat melewati perbatasan Rafah dan mencapai Bandara Internasional Kairo untuk melakukan perjalanan ke Kerajaan Arab Saudi (KSA). Serta menunaikan ibadah haji di Makkah dan Madinah.

Sebelumnya Presiden memerintahkan pembukaan gerbang pada Sabtu, 4 Agustus hingga Selasa, 7 Agustus. Tidak lain langkah ini diambil oleh pihak Mesir untuk mendukung warga Gaza. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here