Sakit Seperti Apa yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa?

74
Ilustrasi Sakit

Muslim Obsession – Islam bukanlah agama yang memberatkan pemeluknya. Salah satunya dalam hal puasa Ramadhan. Meski hukumnya wajib, ada beberapa bentuk keringanan yang Allah berikan kepada umat Islam. Sebagaimana firman Allah Swt:

Dan siapa yang dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan maka menggantinya di hari lain. Bagi mereka yang tidak mampu, maka boleh tidak berpuasa dengan keharusan memberi makan kepada orang-orang miskin. (QS. Al-Baqarah [2]: 184)

Dari ayat tersebut, kita menemukan setidak-tidaknya ada tiga kelompok orang yang diberikan keringanan untuk tidak puasa, yaitu orang sakit, musafir dan orang yang tidak mampu berpuasa. Namun para ulama menambahi lagi dengan beberapa orang lain lewat dalil-dalil yang lain, misalnya wanita yang hamil atau menyusui, orang yang terpaksa, pekerja berat dan lainnya.

Mereka ini, menurut Ustadz Muhammad Abdul Wahab, Lc., Dosen Rumah Fiqih Indonesia secara resmi dibolehkan untuk tidak puasa tanpa harus menanggung dosa di akhirat. Namun mereka tetap diwajibkan untuk mengganti kewajiban itu, baik lewat qadha’ puasa di hari lain, atau pun lewat fidyah yang berupa memberi makan fakir miskin.

Terkait dengan orang sakit yang boleh tidak berpuasa, muncul pertanyaan: sakit seperti apa yang membolehkan seseorang untuk tidak berpuasa? Apakah semua jenis penyakit, termasuk kurap kudis kutu air dan lain sebagainya? Ataukah ada batasan-batasan tertentu?

Kata sakit memang luas pengertiannya. Tentu tidak semua yang disebut sakit lantas membuat seseorang boleh untuk tidak puasa.

Karena itu, para ulama kemudian membuat semacam batasan atau definisi sakit sebagai:

Sakit adalah segala hal yang membuat manusia keluar dari batas kesehatan karena suatu ‘illat. 

Dalam hal ini para ulama menyebutkan bahwa tidak semua jenis penyakit dibenarkan untuk dijadikan alasan bagi mereka yang tidak puasa. Hanya penyakit yang berakibat fatal saja dibenarkan. Setidaknya ada 2 kriteria yang terkait, yaitu:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here