Sakit Kepala dan Perut Saat Berpuasa? Ini Solusinya!

180
Ilustrasi Sakit Kepala (Photo: Men's Health)

Jakarta, Muslim Obsession – Selama bulan puasa Ramadhan, ada dua keluhan utama yang sering dialami umat Muslim, yaitu sakit kepala dan penyakit refluks gastroesofagus, atau yang lebih dikenal sebagai keasaman atau nyeri ulu hati.

Dilansir dari The Daily Star, Selasa (22/5/2018), ada beberapa tips dan solusi untuk mencegah keluhan sakit kepala atau sakit perut selama menjalani ibadah puasa Ramadhan.

1. Minum Air Putih Hangat Saat Sahur 

Meminum air putih hangat saat sahur, lebih bersahabat untuk perut daripada air dingin atau air es. Ada banyak kebaikan saat kita meminum air hangat. Di antaranya ialah bisa membersihkan tubuh kita dari racun yang mempengaruhi kesehatan.

Selanjutnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air dengan jumlah bertahap. Serta menghindari minum air dengan jumlah banyak sekaligus. Karena akan meningkatkan keasaman.

2. Minum Air Dingin Saat Berbuka Puasa

Beberapa ahli mengatakan meminum minuman dingin saat berbuka puasa, bisa mencegah serangan asam dan sensasi panas di bagian perut. Namun, ahli kesehatan tidak menyarankan berbuka puasa dengan langsung meminum air yang sangat dingin seperti air es.

3. Minum Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman alami yang membantu menetralisir keasaman. Air kelapa dapat melawan dehidrasi dengan kandungan elektrolitnya. Serta mampu menjaga tingkat pH di perut dan mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Makan Pisang

Selain memiliki banyak serat, buah pisang mengandung banyak potasium yang membantu mencegah dan melawan keasaman. Serta mampu menjaga keseimbangan pH di seluruh tubuh.

5. Hindari Buah Jeruk

Ada beberapa buah dengan jumlah vitamin C yang dianggap berlebihan seperti jeruk atau nanas atau buah lainnya yang sangat asam. Ahli kesehatan mengatakan, jumlah Vitamin C yang berlebihan akan menyebabkan keasaman terutama saat berpuasa seharian. Sebagai gantinya, kita bisa mengkonsumsi mangga manis atau semangka.

6. Minum banyak cairan

Salah satu alasan paling umum yang menyebabkan sakit kepala saat berpuasa adalah dehidrasi. Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan meningkatkan asupan cairan. Namun, untuk menghindari keasaman, minumlah air dengan jumlah kecil dan bertahap.

7. Kurangi Minuman Mengandung Kafein

Selain menyebabkan diuretik (menambah kecepatan pembentukan urin), kafein juga bisa menimbulkan sakit kepala. Batasi asupan teh atau kopi untuk mengurangi jumlah air yang hilang dari tubuh.

8. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Untuk mendapatkan pasokan energi yang konsisten saat berpuasa, beralihlah pada karbohidrat kompleks. Karena kandungannya dapat melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah.

Beralihlah ke beras merah, oatmeal, yoghurt, sayuran, sereal multigrain yang mengandung barley, roti gandum, quinoa, labu dan lain-lain.

9. Mengatur Siklus Tidur

Selama Ramadhan, para ahli kesehatan sangat tidak menyarankan untuk begadang sepanjang malam. Karena akan memicu gejala kelelahan dan menyebabkan sakit kepala. (Vina)

Baca Juga:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here