Saima Mohsin jadi Pengacara Muslim Pertama di Michigan dan AS

66

AS, Muslim Obsession – Saima Mohsin akan menjadi pengacara Muslim pertama di Michigan dan AS, membawa keberagaman ke posisi penting di bagian timur negara bagian itu.

Mohsin akan dilantik pada 2 Februari 2021 sebagai penjabat Pengacara AS untuk Distrik Timur Michigan setelah pengacara AS saat ini untuk distrik tersebut, Matthew Schneider, mundur pada 1 Februari.

“Saya sangat senang meninggalkan kantor ini di tangan salah satu jaksa federal terbaik yang pernah saya kenal, Saima Mohsin,” kata Schneider, diberitakan Detroit Free Press, Rabu (27/1/2021).

“Saima adalah pengacara pengadilan yang dinamis dan manajer berbakat. Dan, sebagai wanita pertama, imigran, Pengacara Muslim Amerika Serikat dalam sejarah Amerika, layanannya benar-benar bersejarah. Saima akan menjadi perwakilan dan pembela komunitas kami yang luar biasa sebagai Penjabat Pengacara Amerika Serikat.”

Baca Juga: Paling Beragam dalam Sejarah AS, Berikut Deretan Muslim di Kabinet Biden

Lahir di Pakistan, Mohsin pernah bertugas di Unit Kejahatan dan Kejahatan Terorganisir di Kantor Kejaksaan AS, Satuan Tugas Narkoba dan Unit Kejahatan Umum, kata Departemen Kehakiman dalam rilis persnya.

Pengacara Amerika Serikat, juga dikenal sebagai kepala jaksa federal, mewakili pemerintah federal Amerika Serikat di pengadilan distrik Amerika Serikat dan pengadilan banding Amerika Serikat.

Posisi penjabat pengacara AS tidak permanen dan hakim nantinya dapat memilih pengacara sementara AS.

Presiden Joe Biden kemudian dapat mencalonkan seseorang untuk mengisi posisi tersebut, yang harus dikonfirmasi oleh Senat AS. Presiden Donald Trump saat itu menominasikan Schneider pada 2018 dan Senat AS mengonfirmasi dia pada 2019.

Kehidupan Sukses

Muslim Amerika memuji pencapaian barunya, membuat sejarah juga sebagai pengacara AS pertama yang berasal dari Pakistan-Amerika.

“Saya tidak percaya bahwa pernah ada Pengacara Muslim,” kata Gaider Abbas, seorang pengacara di Council on American-Islamic Relations (CAIR).

Mohsin lulus dari Universitas Rutgers di New Jersey, mendapatkan gelar sarjana dan hukum.

Dia menjabat sebagai asisten jaksa wilayah di New York City. Kemudian, dia bekerja untuk negara bagian New Jersey’s Division of Criminal Justice, melayani sebagai wakil jaksa agung dalam kejahatan terorganisir dan pemerasan.

Dia mulai bekerja untuk Kantor Pengacara AS di Michigan pada tahun 2002. Pada Maret 2018, Mohsin menduduki posisi asisten pertama pengacara AS untuk Distrik Timur Michigan, posisi nonpolitik.

“Merupakan kehormatan besar untuk melayani warga Distrik Timur Michigan sebagai Penjabat Pengacara Amerika Serikat,” ungkap Mohsin dalam sebuah pernyataan.

“Saya sangat berkomitmen untuk memenuhi misi inti kami untuk menegakkan hukum dengan setia dan mencari keadilan untuk semua,” imbuh dia.

Sebuah laporan tahun 2017 oleh Institute for Social Policy and Understanding (ISPU) menemukan bahwa “Muslim Michigan memberikan kontribusi yang sangat besar di seluruh bidang masalah untuk keberhasilan seluruh negara bagian dan kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan sesama orang Amerika, meskipun terdiri dari hanya 2,75 persen dari keseluruhan populasi Michigan.”

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here