Sah! KH. Miftachul Akhyar Ketum MUI Baru

753
Ketua Umum MUI, KH. Miftachul Akhyar. (Foto: YouTube)

Jakarta, Muslim Obsession – Seperti diduga banyak kalangan, KH. Miftachul Akhyar akhirnya resmi terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti 2020-2025.

Rais Aam PBNU ini terpilih berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh 17 Tim Formatur yang dipilih oleh peserta Munas X MUI yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (26/11) malam.

“Ketum MUI terpilih adalah Almukarom KH. Miftachul Akhyar,” kata anggota Tim Formatur Munas MUI, Ma’ruf Amin, Jumat (27/11) dini hari, yang langsung disambut tepuk tangan meriah dari peserta Munas.

Sementara itu, KH. Ma’ruf Amin sendiri terpilih sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI periode 2020-2025. Ia menggantikan posisi Din Syamsuddin yang menjabat posisi tersebut pada periode 2015-2020.

Miftachul Akhyar menjadi Ketua Umum MUI ke-8 sejak organisasi ini berdiri pada 1975 lalu. Pengasuh Pondok Pesantren Miftachus Sunnah Surabaya ini menggantikan posisi KH. Ma’ruf Amin menjabat sebagai Ketum MUI 2015-2020 setelah dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Sebelum perhelatan Munas X MUI, nama Kiai Miftah ramai dibicarakan sebagai calon kuat ketum MUI. Sampai saat ini Kiai Miftah masih menjabat sebagai Rais Aam PBNU sejak 2018 lalu.

Munas X MUI juga memilih beberapa jajaran pengurus Dewan Pimpinan MUI, di antaranya Amirshah Tambunan terpilih sebagai Sekretaris Jendral MUI.

Di tengah pandemi Covid-19 ini pelaksanaan Munas X MUI memang berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Munas menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta Munas diselenggarakan dengan dua cara dengan melalui online dan offline. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here