Safari Ramadhan Gemar Ikan Libatkan Puluhan UKM

473
Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadan” di Area Parkir Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad (3/6/2018). (Dok: KKP)

Jakarta, Muslim Obsession – Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, Indonesia memiliki potensi sumber daya ikan sebesar 9,9 juta ton dan potensi luas lahan budidaya 83,6 juta Ha.

Potensi ini, menurutnya, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan protein ikan bagi masyarakat, serta mampu membuka banyak lahan pekerjaan. Guna mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ikan ini, pemerintah sejak 2004 lalu telah mencanangkan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Hal tersebut diungkapkan Rifky dalam acara “Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadan” di Area Parkir Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, dalam siaran persnya, Ahad (3/6/2018).

“Di Jawa ini kurang makan ikan, makanya kita buat acara seperti ini supaya adik-adik suka makan ikan. Ikan itu enak, ikan itu sehat, ikan itu membuat adik-adik pintar,” tutur Rifky.

Untuk itu, tahun ini KKP menargetkan angka konsumsi ikan Indonesia 50,65 kg per kapita per tahun, naik dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 47,34 kg per kapita per tahun.  Guna memenuhi target baru ini, dibutuhkan tambahan ikan ke pasar domestik sekitar 800 ribu ton dibandingkan tahun sebelumnya.

“Perikanan tangkap saat ini target produksi kita 7 juta ton, budidaya juga 7 juta ton. Ini lebih dari cukup. Sebagian bahkan bisa kita ekspor,” terang Rifky.

Kegiatan Safari tersebut dimeriahkan oleh 20 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bidang kelautan dan perikanan, baik UKM produk perikanan segar, olahan, maupun kerajinan tangan.

Acara ini merupakan kerja sama KKP dengan berbagai instansi lain seperti Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN), Asosiasi Chef Profesional, Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Yayasan Jantung Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), industri yang bergerak di bidang perikanan seperti PT Intimas Surya, PT Cidea, PT Balimaya Permai, PT Lucky Samudera, PT CPP, KOMIRA dan PT Kelola Mina Laut; serta 20 UKM produk kelautan dan perikanan.

Rangkaian acara Safari Gemarikan dan Pasar Ikan Ramadan ini dimulai sejak 18 Mei lalu dan akan berlangsung hingga 8 Juni 2018 mendatang di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). (Popi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here