Saat Jabat Kapolda Banten, Komjen Sigit Dekat dengan Para Ulama

196
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah). (Foto: jawapos)

Serang, Muslim Obsession – Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo rupanya meninggalkan rekam jejak baik saat menjabat Kapolda Banten pada 2016 hingga 2018. Salah satu yang paling diingat adalah kedekatannya dengan para ulama Banten.

“Saya cukup senang dengan penunjukkan Pak Sigit oleh Presiden Jokowi. Insya Allah beliau orang yang tepat untuk jadi Kapolri. Ada masa-masa kedekatan Pak Sigit dengan ulama-ulama di Banten dan pengajian di masyarakt juga ramai dan hidup ketika itu,” ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Modern Shohibul Muslimin Serang Banten, KH. Tairman Elon kepada Muslim Obsession, Ahad (17/1/2021).

Kiai Tairman teringat bagaimana Komjen Sigit pernah mendapat dukungan dari sekitar 3.000 ulama dari Majelis Pondok Pesantren Salafiyah se-Banten untuk menjadi Kabareskrim. Dukungan itu ditunjukkan seusai ribuan ulama menjalankan istigasah di Kampung Petir, Serang, pertengahan November 2019 silam.

“Itu sejarah, ya. Sekarang, mendengar Pak Sigit dicalonkan Kapolri oleh Presiden saya kira cocok, beliau pantas. Apalagi kalau saya perhatikan hampir rata-rata mantan pimpinan kepolisian di Banten dalam 10 tahun terakhir menjadi Kapolri. Termasuk Pak Tito yang dulu adalah Kapolres Serang,” terang Kiai Tairman.

Di sisi lain, jelasnya, ia meyakini bahwa Komjen Sigit merupakan prajurit Bhayangkara terbaik dan sudah pasti lewat pertimbangan yang mendalam karena diusulkan oleh Presiden.

“Insya Allah sebagai salah satu pimpinan Pondok Pesantren di Banten saya dukung kebijakan yang bisa menjadi maslahat,” tegasnya.

Dukungan untuk Komjen Listyo Sigit Prabowo juga dilontarkan ulama dari kalangan pesantren Salaf, KH. Ahmad Tohir Mulyadi.

Menurut Pimpinan Ponpes Darul Afkar Ujung Kulon Banten tersebut, penunjukkan Kapolri merupakan hak atau kewenangan Presiden. Ia pun berharap Komjen Sigit dapat menjadi Kapolri yang amanah, professional dan proporsional dalam menjalankan tugasnya.

“Saya yakin Pak Sigit ini orang baik. Lagipula ini keputusan Pak Jokowi dan saya percaya beliau lebih paham dan punya pertimbangan matang. Semoga saja Polri yang saat ini sudah baik menjadi lebih baik lagi dan negara kita tetap dan terus membangun, aman, nyaman, tambah hebat, dan tambah maju serta selalu dalam rahmat, lindungan, dan ridha Allah Ta’ala,” ungkapnya saat dihubungi Muslim Obsession, Ahad (17/1/2021). (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here