Saat Corona Mewabah, Bumi Memulihkan Dirinya

428
Siapa sangka, virus Corona yang mewabah justru membuat bumi 'memulihkan' dirinya. (Foto: metro.co.uk)

Muslim Obsession – Saat pandemi virus corona menelan ribuan korban di dunia, di sisi lain, bumi ternyata tengah memulihkan dirinya. Bagaimana penjelasannya?

Menurunnya penggunaan CFC atau Chlorofluorocarbons berhasil menutup sebuah lubang di lapisan ozon di Benua Antartika. CFC sendiri adalah molekul yang mengandung molekul karbon, klorin, dan fluorin. Zat ini berasal dari mesin pendingin, gas aerosol, dan berbagai produk plastik.

Adanya kebijakan lockdown di beberapa negara dunia, maka tidak sedikit pabrik dan industri, serta kendaraan-kendaraan penyumbang CFC berhenti beroprasi. Dengan itu, kualitas udara pun semakin baik dan tingkat CFC kian berkurang.

Di Kota Madrid misalnya, pada Maret 2020 terjadi penurunan sekitar 41-56% level konsentrasi NO₂. Kota Lisbon dan New York pun mengalami penurunan level NO₂ sejak penerapan lockdown.

Pemulihan yang sedang berlangsung, menurut ScienceAlert seperti dilansir globalnews.ca, menghentikan banyak perubahan berbahaya di atmosfer Belahan Bumi Selatan. Membaiknya kondisi ozon tersebut berhasil mengubah sirkulasi udara di atmosfer. Hal ini juga berpengaruh besar pada cuaca, temperatur atmosfer, curah hujan, bahkan perubahan suhu laut.

Menurut makalah penelitian Science Daily yang baru-baru ini ditulis oleh Antara Banerjee dari University of Colorado Boulder, menunjukkan bahwa perubahan pola angin telah menyebabkan pemulihan lapisan ozon.

Jika perbaikan kondisi ozon terus berlajut, maka lapisan ozon di belahan bumi utara akan membaik pada tahun 2030, belahan bumi selatan pada 2050, dan Antartika pada 2060.

Dengan menggunakan berbagai metode, Antara Banerjee, seorang peneliti di Universitas Colorado Boulder, menuturkan bahwa pemulihan ozon sebagian besar berkat Protokol Montreal yang disepakati secara internasional pada tahun 1987. Protokol tersebut melarang produksi zat-zat yang bisa merusak ozon, seperti CFC. (Indah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here