Saat Buka Puasa, Minum Air Putih, Teh Manis atau Air Kelapa?

726
Es Teh Manis

Muslim Obsession – Berbuka puasa adalah saat yang dinanti-nanti setelah menahan lapar dan haus seharian. Di antara minuman yang sering terbayang ialah air putih, teh manis dan air kelapa. Di antara ketiganya, mana yang paling baik untuk tubuh Anda?

  • Air putih

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong seperti dikutip dari KlikDokter, air putih adalah pilihan paling aman dan sehat untuk berbuka puasa. Tubuh kehilangan cairan lebih dari 12 jam, dan yang bisa menolong mengembalikan cairan dalam tubuh adalah air putih.

Dalam sehari, biasanya manusia dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Ketika berpuasa, kebutuhan itu harus segara dicukupkan setelah waktu berbuka.

  • Air kelapa

Mungkin Anda mau cari sesuatu yang lebih berasa di mulut ketimbang air putih. Anda bisa mencoba air kelapa. Air kelapa ternyata mengandung elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa.

“Efeknya, air kelapa membuat tubuh kembali segar setelah seharian berpuasa. Jadi, elektrolit memang bisa mengembalikan kesegaran tubuh Anda,” ujar dr. Sepriani.

Namun, ada suatu hal yang perlu Anda perhatikan, yakni kandungan gula di dalam air kelapa yang Anda beli di luar. Biasanya, tukang kelapa menyajikan air kelapa dicampur gula cair. Jadi, jika memang Anda menginginkan air kelapa, belilah kelapa utuh. Selanjutnya, konsumsilah tanpa gula tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here