Rusia Undang Taliban ke Pertemuan Internasional di Moskow

77

Muslim Obsession – Rusia akan mengundang Taliban ke pembicaraan internasional tentang Afghanistan yang dijadwalkan pada 20 Oktober 2021 di Moskow, demikian pernyataan utusan Kremlin untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, Kamis (7/10/2021).

Menanggapi pertanyaan dari wartawan Rusia tentang apakah perwakilan kelompok itu akan diundang ke negosiasi yang melibatkan China, India, Iran dan Pakistan, Kabulov mengatakan: “Ya.”

Pembicaraan itu akan mengikuti KTT G-20 di Afghanistan pada 12 Oktober yang akan berusaha membantu negara itu menghindari bencana kemanusiaan setelah pengambilalihan Taliban.

Ketika ditanya apakah Rusia akan mengirimkan bantuan ke Afghanistan, Kabulov mengatakan, Kremlin akan mengirim bantuan tetapi rinciannya masih diputuskan.

Seorang pejabat tinggi PBB telah memperingatkan pada Rabu bahwa krisis kemanusiaan di Afghanistan semakin parah.

“Ini sedang dikerjakan,” katanya kepada wartawan, dengan mengatakan “kargo” sedang dikumpulkan.

Moskow telah bergerak untuk terlibat dengan Taliban tetapi tidak mengakui kelompok itu, yang dilarang sebagai organisasi teroris di Rusia.

Pada hari Senin, Kabulov mengatakan Moskow tidak akan “mengecualikan” merevisi rezim sanksi PBB terhadap Taliban.

“Tetapi pada tahap ini, kami percaya tidak perlu terburu-buru,” katanya.

Rusia telah memperingatkan tentang anggota kelompok “ekstremis” yang mengeksploitasi kekacauan politik di Afghanistan untuk menyeberang ke negara-negara tetangga sebagai pengungsi.

Afghanistan berbagi perbatasan dengan Tajikistan bekas Soviet, di mana Rusia mempertahankan pangkalan militer utama.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here