Rugi Jika Ditinggalkan! Ini 5 Amalan Istimewa di Bulan Dzulhijjah

709
Penjual hewan kurban
Ilustrasi: Penjual hewan kurban. (Foto: Edwin Budiarso)

Muslim Obsession – Sebagian umat Islam di Tanah Air umumnya lebih banyak mengenal Dzulhijjah ‘hanya’ sebagai bulan haji dan berkurban. Sebaliknya, tak banyak yang menyadari sebenarnya Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa karena amal salih yang dilakukan berbalas pahala yang berlipat ganda.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan informasi tentang hal ini dalam haditsnya. Dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada dua bulan yang pahala amalnya tidak akan berkurang. Keduanya dua bulan hari raya: bulan Ramadhan dan bulan Dzulhijjah,” (HR. Bukhari 1912 dan Muslim 1089).

Keutamaan Dzulhijjah terletak pada 10 hari pertama. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Demi fajar, dan demi malam yang sepuluh,” (QS. Al-Fajr: 1-2). Ibn Rajab menjelaskan, malam yang sepuluh adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Allah bersumpah dengan menyebut sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Yang ini menunjukkan keutamaan sepuluh hari tersebut. Karena semua makhluk yang Allah jadikan sebagai sumpah, adalah makhluk istimewa, yang menjadi bukti kebesaran dan keagungan Allah.

Karena itulah, amalan yang dilakukan selama 10 hari pertama Dzulhijjah menjadi amal yang sangat dicintai Allah. Melebihi amal soleh yang dilakukan di luar batas waktu itu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada amalan yang lebih suci di sisi Allah dan tidak ada yang lebih besar pahalanya dari pada kebaikan yang dia kerjakan pada sepuluh hari Al-Adha,” (HR. Ad-Daruquthni, dihasankan oleh Al-Albani).

Lalu, apa saja amalan yang perlu dilakukan? Berikut ini 5 amalan istimewa di bulan Dzulhijjah yang dapat dilakukan umat Islam yang tidak berhaji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here