Ruang Makam Zaman Romawi Ditemukan di Turki

98

Turki, Muslim Obsession – Sebuah kamar makam era Romawi yang diperkirakan berusia 1.700 tahun ditemukan di tenggara Turki.

Penggalian sedang berlangsung di Gundukan Amida di provinsi Diyarbakir, yang telah menjadi rumah bagi banyak peradaban, termasuk bangsa Hurrians dari kerajaan Mitanni, Urartia, Persia, Romawi, Umayyah, Mervans, Seljuk dan Artuqid.

Penggalian dipelopori oleh Irfan Yıldız, seorang profesor di Universitas Dicle. Berbicara kepada Anadolu Agency, Yıldız mengatakan bahwa ruang makam dibangun di bawah istana untuk para penguasa dimakamkan selama periode Pagan dari Kekaisaran Romawi Akhir, pada abad ketiga Masehi.

“Sejauh ini delapan makam telah digali,” katanya, dilansir Daily Sabah, Selasa (10/11/2020).

Yıldız juga menekankan bahwa saluran air dan sistem pemanas yang diyakini berusia 1.800 tahun ditemukan selama penggalian.

“Selama penggalian tahun ini, semakin jelas bahwa Istana Artuqid dibangun di atas Istana Romawi. Selama periode Artuqid, beberapa tempat istana Romawi digunakan sebagaimana mestinya, dan beberapa tempat dibangun kembali,” ujar Yıldız.

Dia mencatat bahwa satu kamar makam ditemukan di kedalaman 1,5 meter (4,9 kaki) dari Istana Artuqid dan satu meter di bawah Istana Romawi.

Yildiz mengatakan bahwa kuburan kamar dengan peti batu berasal dari zaman Romawi dan berusia sekitar 1.700 tahun.

Para penguasa yang bertugas di sini dimakamkan di ruang pemakaman di bawah istana. Penggalian ini didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Masyarakat Sejarah Turki, Kegubernuran Diyarbakir dan Kota Metropolitan Diyarbakır.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here