Rezka Oktoberia ‘Jemput Bola’ Gelar Vaksinasi di Limapuluh Kota

89
Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Rezka Oktoberia menggelar vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, Ahad (16/10/2021). (Foto: istimewa)

Limapuluh Kota, Muslim Obsession – Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Rezka Oktoberia kembali menggelar vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, tepatnya di halaman rumah gadang Rezka di Jorong Mansiro, Nagari VIII Koto, Ahad (16/10/2021).

Pada kesempatan itu, Rezka menegaskan bahwa vaksin Covid-19 halal dan aman. Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Nasional, saat ini sudah lebih dari 50 juta penduduk Indonesia yang divaksin.

Srikandi Luak Limopuluah itu tak henti-hentinya mengajak masyarakat agar mau divaksin karena masih banyak warga yang menolak vaksin lantaran terpengaruh mitos dan hoax.

“Jangan sampai termakan berita hoax, kita harus bisa menggunakan logika dalam menghadapi pandemi ini. Yang ada, vaksin itu berguna agar tubuh kita bisa melawan dampak dari virus corona,” kata Rezka.

Rezka menjelaskan, vaksin yang disuntikkan akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan respons melawan Covid-19. Respon tersebut biasanya memicu kelelahan, nyeri otot, sakit kepala atau demam.

“Efek tersebut merupakan hal yang normal dan merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh merespon vaksin dengan baik,” ujar Rezka yang merupakan putri dari seorang tenaga kesehatan.

Hoax yang beredar, seperti vaksin tidak aman dan mengandung mikrochip, menurut Rezka adalah kebohongan yang dibuat-buat, karena pembuatan vaksin tentu sudah melewati uji klinis sebelumnya.

“Untuk itu, saya mengimbau masyarakat agar dapat bijak, tabayyun dalam menerima informasi, jangan langsung percaya dengan berita-berita menyesatkan. Mari kita sukseskan lebih dari 70 persen masyarakat tervaksin, sehingga kita bisa mencapai herd immunity,” ajak Rezka.

Antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi dari pagi hingga sore di rumah gadang Rezka sangat tinggi. Petugas vaksinator dari Puskesmas Danguang-Danguang pun tampak sigap melayani banyaknya peserta vaksinasi.

Sampai Desember 2021 Rezka mendapat kuota 10.000 vaksin dari kerja samanya dengan Kementerian Kesehatan RI. Saat ini sudah ada sekitar 250 vaksin Pfiizer dan Sinovac.

“Kita akan turun langsung ke kawasan warga-warga, ini kita lakukan agar mereka lebih nyaman ketika menerima vaksin,” ungkap Rezka.

Rio salah satu masyarakat Guguak menyampaikan apresiasi kepada Rezka Oktoberia yang telah memfasilitasi vaksinasi “jemput bola” ini.

“Kami berterima kasih kepada Uni Rezka Oktoberia atas digelarnya vaksinasi massal ini. Memang vaksin sangat diperlukan oleh masyarakat saat ini,” ujarnya.

Rio sependapat bahwa hoax yang beredar tentang vaksin memang harus dilawan, karena akan menurunkan niat orang untuk divaksin.

“Kami saja setelah disuntik vaksin pun tidak ada merasakan reaksi aneh-aneh kepada tubuh. Semoga selepas divaksin ini, kita semua bisa imun terhadap Covid-19,” ucapnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here