Respons Polri Usai Disentil Jokowi Kerap Soan ke Ormas Pembuat Ribut

121

Jakarta, Muslim Obsession – Polri merespons sindiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditunjukan kepada Kapolda dan Kapolres karena kerap sowan ke organisasi masyarakat (ormas) yang sering membuat keributan. Pertemuan itu dipastikan tidak mengintervensi tugas Polri sebagai penegak hukum.

“Untuk itu Polri tetap harus menjaga marwah organisasi dan tidak segan-segan melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jumat (3/12/2021).

Dedi tidak menegaskan Polri akan mengurangi sowan ke ormas bermasalah. Dia hanya memastikan Korps Bhayangkara tidak akan ragu menegakkan hukum terhadap ormas-ormas yang terbukti melakukan tindak pidana.

“Ya, inti seperti itu, agar jangan ragu-ragu melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional,” ungkap jenderal bintang dua itu.

Kepala Negara menyoroti kebiasaan Kapolda dan Kapolres yang kerap sowan ke ormas yang sering membuat masalah Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam arahan kepada para Kepala Satuan Kewilayahan (Kasatwil) Polri Tahun Anggaran 2021 di Bali.

“Ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Saya tanya ke kapolres, kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif,” kata Jokowi.

Presiden mempertanyakan cara-cara seperti itu. Menurutnya, sowan ke ormas yang kerap membuat keributan berpotensi menggadaikan kewibawaan.

“Hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibaan. Polri harus memiliki kewibawaan,” ucap orang nomor satu di Indonesia itu. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here