Renungan Besar untuk Generasi Muda

58

Oleh: Ustadz Budi Ashari, Lc

Dalam data sejarah Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam tidaklah peradaban dipikul kecuali oleh generasi muda.

Sepuluh sahabat Nabi yang dijamin masuk surga yang merupakan orang-orang awal, Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Abdurrahman, Zubair, Thalhah, Abu Ubaidah, Sa’id bin Zaid, Sa’ad bin Abi Waqqas.

Sepuluh sahabat ini merupakan para pemuda yang saat itu kepemimpinan hanya berputar di antara mereka.

Yang berusia berkepala tiga hanya tiga orang, Abu Bakar, Utsman, Abdurrahman bin Auf. Tujuh orang di bawah kepala tiga usianya. Bahkan lima orang di bawah 20 tahun.

BACA JUGA: Asy-Sya’bi dan Kunci dalam Memahami Ilmu

Data yang dipaparkan di atas adalah merupakan sebuah data sejarah yang ternyata Allah ingin berikan sentuhan, bahkan orang-orang besar yang diabadikan dalam kitab suci pun ternyata generasi-generasi muda.

Menjadi sebuah renungan besar untuk generasi muda. Sebuah renungan yang tidak sederhana. Karena ini khusus usia muda, usia ditanya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala karena itulah usia kekuatan di antara dua kelemahan.

Jadi kalau hari ini para ayah, mengabaikan anak-anaknya yang usia di bawah 20 tahun, Anda tak akan pernah bisa menjawab pertanyaan Allah ini. Ke mana dihabiskan usia mudanya, ke mana diselesaikan usianya.

BACA JUGA: Bagaimana Hukum Bagi Anak yang Mengambil Hak Orang Lain?

Memperhatikan generasi muda. Kalau kita benar perhatikan dan didik mereka, maka benar Anda telah memperhatikan dan mendidik sebuah kebangkitan peradaban.

Karenanya kita sedang berebut dengan kebatilan yang menyasar pada pemuda. Kalau yang hak diam saja, maka anak-anak muda akan diambil oleh kebatilan.

Karenanya mari kita berlelah-lelah. Karena yang batil pun siap berlelah-lelah. Karenanya mari kita keluarkan harta kita untuk didik mereka karena yang batil pun telah meluncurkan dana yang tidak kecil untuk menghancurkan generasi muda kita.

Karena di hadapan kita ada kebesaran Islam dan kebesaran itu ada di pundak para pemuda kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here