Renovasi Masjid Istiqlal Habis Rp 511 Miliar, Jokowi: Bukan untuk Gagah-Gagahan

96

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah telah merampungkan renovasi Masjid Istiqlal yang membutuhkan waktu selama kurang 14 bulan. Renovasi Masjid Istiqlal untuk pertama kalinya sejak dibangun membutuhkan biaya yang cukup besar, yakni Rp 511 miliar.

Usai meresmikan renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (7/1/2021), Presiden Joko Widodo menyatakan biaya renovasi Masjid Istiqlal sudah masuk dalam anggaran APBN.

“Dan menelan biaya sebesar 511 miliar rupiah dari APBN,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi mengatakan, pasca-renovasi, Masjid Istiqlal berubah total dan tampak seperti baru lagi. Lanskapnya ditata ulang menjadi indah dan semakin rapi.

Lantainya terlihat 3 kali lebih berkilau, tata cahayanya menjadi sangat modern dan indah. Sungai yang membelah Istiqlal juga tampak semakin bersih dan rapi.

Menurut Jokowi, keberadaan Masjid Istiqlal menjadi kebanggan seluruh rakyat Indonesia. Biaya yang mahal dalam renovasi ini bukan untuk gagah-gagahan.

“Renovasi Masjid Istiqlal agar menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan. Bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tetapi juga kebanggaan seluruh rakyat Indonesian kebanggaan bangsa kita Indonesia,” ujar dia.

Jokowi pun menyampaikan apresiasi karena renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, seni, hingga estetika.

Pada saat yang bersamaan, kaidah-kaidah cagar budaya penggunaan masjid masih tetap dipertahankan.

Jokowi pun mengingatkan bahwa Masjid Istiqlal dibangun sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena Indonesia telah mencapai kemerdekaan.

Semangat ini terekam pada tahun 1953 ketika para tokoh muslim berkumpul untuk mencetuskan ide mendirikan sebuah masjid sebagai simbol kemerdekaan dengan nama Istiqlal. Sebab, dalam Bahasa Arab, Istiqlal memiliki arti kemerdekaan.

Jokowi pun berharap Masjid Istiqlal bukan hanya megah secara fisik, melainkan jadi sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta sebagai tempat pemberdayaan umat dan pelopor dakwah moderasi muslim dunia.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, yang membangun toleransi, dan membangun perdamaian,” kata Jokowi. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here