Redam Ketegangan Pasca Pemilu, MUI Akan Gelar Silaturahmi Nasional dengan Ormas Islam

303
Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar acara silaturahmi nasional bersama para Ormas Islam dari berbagai daerah. Hal itu bertujuan untuk meredam ketegangan antara Ormas Islam yang berbeda pilihan politik selama masa Pemilu.

Acara tersebut rencananya akan diadakan awal Mei sebelum perhitungan suara Pemilu resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) 22 Mei mendatang.

“Mudah-mudahan seperti itu (meredam ketegangan antar Ormas islam). Karena kita harus kembali kepada mekanisme demokrasi,” ujar Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi di Kantor MUI, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Zainut juga mengatakan people power yang dikatakan oleh Capres Prabowo Subianto dan Amien Rais tidak terjadi. Ia berharap pihak yang bersengketa saat Pemilu menyelesaikan masalahnya lewat jalur hukum.

“Kita berharap, bahwa yang tadi dikhawatirkan, seperti people Power dan pengerahan masa, mudah mudahan itu tidak terjadi. Penyelesaian masalah itu harus melalui jalur hukum,” katanya.

Namun Zainut sepakat dengan adanya kekurangan pada penyelenggaraan Pemilu. Namun dalam menyikapinya ia meminta agar masyarakat tidak bertindak diluar konstitusi.

Zainut mencontohkan misalnya jika ada pelanggaran Pemilu bisa diadukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atau jika tidak puas dengan hasil perhitungan suara bisa menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya kira ini mekanisme yang diberikan oleh undang-undang agar digunakan. tidak kemudian dengan cara-cara yang justru bisa menciderai makna demokrasi itu,” pungkasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here