Rebut Sabuk Juara Kelas Berat, Joshua: Saya Ingin Katakan, Bismillah!

676

Jakarta, Muslim Obsession – Petinju Inggris Anthony Oluwafemi Olaseni Joshua atau yang kerap disapa Anthony Joshua menyambut para fans yang hadir di ring Diriyah Arena, Arab Saudi, dengan kata ‘Bismillah’ usai mengalahkan Andy Ruiz Jr dengan kemenangan mutlak pada Ahad (8/12/2019) dini hari WIB.

Anthony Joshua mengalahkan Andy Ruiz Jr dengan scorecard mutlak 118-110, 118-110, 119-109 setelah melewati duel 12 ronde.

Dikutip dari Juara.net., petinju kelahiran Watford, Inggris, tersebut memanfaatkan kebugaran superiornya untuk menghindar dari serangan Andy Ruiz Jr sepanjang pertarungan sembari melancarkan serangan-serangan yang membuat lawannya tersebut kesulitan.

Ia juga melepas pukulan tangan kanan yang membuat pelipis kiri mata Ruiz Jr berdarah pada ronde pertama sehingga lawannya tersebut kesulitan sepanjang pertarungan.

Berkat kemenangan ke-23 sepanjang kariernya tersebut, Joshua berhak memenangkan kembali Sabuk Juara Kelas Berat WBA, WBO, IBO, dan IBF yang hilang dari tangannya setelah kalah dari Ruiz Jr pada pertarungan pertama, Juni 2019.

“Pertama, saya ingin berterima kasih kepada Tuhan. Saya juga ingin mengucapkan bismillah!” tutur Joshua yang langsung disambut sorakan dari mayoritas 15 ribu penonton yang memadati Diriyah Arena. (Lihat videonya di bawah ini)

“Kali pertama sangat menyenangkan, saya harus melakukannya dua kali!” tutur Joshua menyinggung soal pertarungan pertamanya dengan Andy Ruiz Jr.

“Ini tentang tinju, saya terbiasa menjatuhkan orang tetapi terakhir kali saya yang jatuh sehingga menjadi utang untuk dia. Setelah itu, saya katakan daya akan membenahi diri sendiri, saya menghormati Andy,” ujarnya.

Sebagai informasi, Joshua lahir pada 15 Oktober 1989. Dia adalah mantan juara dunia kelas berat bersatu, setelah memegang gelar IBF, WBA (Super), IBO dan WBO hingga 2019.

Di tingkat regional ia memegang gelar kelas berat Inggris dan Persemakmuran dari 2014 hingga 2016.

Sebagai seorang amatir yang bersaing dalam super- divisi kelas berat, Joshua mewakili Inggris di Kejuaraan Tinju Dunia AIBA 2011, memenangkan medali perak.

Dia juga mewakili Inggris Raya di Olimpiade Musim Panas 2012 di Olimpiade 2012, dan memenangkan emas. Pada tahun 2014, setahun setelah menjadi profesional, majalah The Ring menamainya Prospek Tahun Ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here