Rayakan Tahun Baru dengan Berdoa, Bukan Foya-foya

436
Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession — Pergantian tahun merupakan momentum untuk bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Oleh karenanya tak perlu diisi dengan kegiatan yang tak bermanfaat.

Demikian dikemukakan Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa’adi dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/12).

“Di pergantian tahun nanti, hendaknya kita memperbanyak bersyukur kepada Allah Swt. yang memberikan karunia berupa umur panjang, kesehatan, dan kemurahan rezeki,” ujarnya.

Zainut menjelaskan, ungkapan syukur dapat dilakukan dengan memperbanyak berdoa, berdzikir, dan mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah Swt. Khususnya berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara dari berbagai musibah dan ancaman bencana yang akhir-akhir ini sering menimpa bangsa Indonesia.

“Doakan agar Indonesia menjadi bangsa dan negara yang aman dan selamat dari berbagai macam ujian, fitnah, dan cobaan,” tuturnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat Indonesia menyambut pergantian tahun baru 2019 dengan semangat kesederhanaan, menjauhkan diri dari sikap boros, berfoya-foya, dan menghambur-hamburkan uang untuk kepentingan yang tidak banyak manfaatnya (mubazir).

Lebih dari itu, Zainut mengajak masyarakat menjadikan Tahun Baru 2019 sebagai tahun kepedulian sosial untuk menggalang solidaritas nasional dalam rangka meringankan beban penderitaan masyarakat yang tertimpa musibah. Khususnya yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tengah, dan Banten.

“Hal tersebut sebagai bentuk refleksi dari nilai-nilai kemanusiaan, kasih sayang dan kepedulian antarsesama,” kata Zainut. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here