Ratusan Wanita Saudi Antusias Daftar Sekolah Penerbangan

496
Dalia Yashar, salah satu siswa Saudi pertama yang terdaftar menjadi pilot komersial, berdiri di depan pusat pendaftaran, CAE Oxford ATC. (Foto: Reuters / Hamad I Mohammed)

Dammam, Muslim Obsession – Tidak lama lagi Arab Saudi akan mencetak pilot-pilot wanita. Untuk pertama kalinya salah satu sekolah penerbangan di negeri minyak tersebut membuka kesempatan bagi para wanita untuk belajar mengemudikan pesawat terbang.

Dalia Yashar, salah satu siswa Saudi pertama yang terdaftar menjadi pilot komersial, nampak antusias. Terlebih, dia mengaku bercita-cita menjadi pilot sipil.

“Orang-orang biasa bepergian ke luar negeri (untuk mempelajari penerbangan), yang lebih sulit bagi wanita daripada pria,” kata Dalal Yashar.

“Kami tidak lagi hidup di era perempuan diizinkan (bekerja) di arena terbatas. Semua jalan sekarang terbuka untuk wanita,” sambungnya, seperti dikutip dari My Salaam, Senin (23/7/2018).

Sementara itu, Oxford Aviation Academy, pelatih terkemuka dan perekrut kru, mengaku telah menerima aplikasi dari ratusan perempuan yang berharap untuk memulai pelajaran pada September mendatang, di cabang baru di kota Dammam bagian timur.

Akademi ini merupakan bagian dari proyek senilai $ 300 juta (£ 226,7 juta) yang mencakup sekolah untuk perawatan pesawat dan pusat internasional untuk simulator penerbangan di bandara. 

“Siswa akan menerima tiga tahun pelatihan akademis dan praktis,” ujar direktur eksekutif Othman Al-Moutairy.

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini Arab Saudi mencabut larangan mengemudi bagi wanita. Di mana larangan tersebut sudah berlaku sejak beberapa dasawarsa.

Hal ini kemudian dianggap sebagai sebagai bagian dari reformasi besar-besaran yang didorong oleh Putera Mahkota Mohammed bin Salman, yang menurutnya bertujuan mengubah ekonomi dan membuka keresidenannya. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here