Ramadhan Ini Pemprov Sumbar Bantu 407 Masjid

563
Masjid
Surau Lubuak Bauk Batipuah Padang Panjang Sumbar. (Foto: duakotopas)

Padang, Muslim Obsession – Sebanyak 407 masjid akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada Ramadhan 2018 ini.

Kepala Bagian Bina Mental, Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Sekretariat Provinsi Sumbar Karimis mengatakan, bantuan tersebut berupa dana sebesar Rp20 juta untuk setiap masjid ditambah tiga buah tikar.

“Anggaran yang disediakan untuk bantuan masjid tahun ini sekitar Rp8,1 miliar,” kata Karimis di Padang, Rabu (18/4/2018).

Karismis menjelaskan, Pemprov Sumbar selalu menganggarkan bantuan untuk masjid pada setiap Ramadhan. Bantuan sebagian diserahkan oleh tim safari ramadhan pada saat kunjungan. Tim tersebut biasanya dibagi atas pimpinan daerah, pimpinan DPRD dan pimpinan instansi vertikal yang didampingi beberapa pejabat.

Selain memberikan bantuan, tim ini juga menyosialisasikan program-program strategis pemerintah sekaligus menjaring secara langsung aspirasi masyarakat. “Tahun ini tim akan mengunjungi 147 masjid sesuai anggaran yang tersedia, sementara sisanya 260 masjid tidak dikunjungi tetapi bantuan disalurkan melalui rekening bank atas nama masjid,” kata Karimis.

Bantuan itu juga dibagi dua tahap sesuai mekanisme anggaran, 147 pada APBD berjalan dan sisanya di APBD Perubahan. “Untuk 147 masjid, setelah penyerahan secara simbolis dilakukan, Bendahara Umum Daerah (BUD) bisa langsung mentransfer ke rekening masjid yang dikunjungi,” kata dia.

Masjid-masjid yang dikunjungi sudah diverifikasi, administrasi dan faktual. Pengusulannya dilakukan oleh masyarakat, termasuk dari anggota DPRD Sumbar. Tahun 2018 Ketua dan wakil ketua DPRD akan mengunjungi masing-masing tujuh masjid dan anggota DPRD mengunjungi lima masjid.

Sementara untuk gubernur mengunjungi 13 masjid, wakil gubernur 13 masjid dan sekda 10 masjid. Bantuan itu diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan masjid sebagai tempat menunaikan ibadah. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here